Keuangan - Keuangan

Intip UMR Di Tangerang, Cikarang Dan Kota Besar Di Jawa Barat 2024

Intip UMR Di Tangerang, Cikarang Dan Kota Besar Di Jawa Barat 2024
Share:

Tangerang menjadi sebuah kota terbesar ketiga di Jawa Barat yang tengah makin moncer dengan program pemerintahan yang dicetuskan oleh bupati Tangerang. Salah satu program yang sedang tren saat ini adalah Sayang Barudak, yaitu sebuah program dari pemerintah untuk mendukung UMR di Tangerang dari ragam sumber daya manusia dan pemerintahan. 

Dengan adanya program tersebut nantinya menjamin hak anak dari berbagai kasus dan dapat pengembangan potensi diri. Sisi lainnya program tren kedua yakni kembangku dimana perannya untuk memberikan bantuan dana koperasi yang bisa menggugah angka kesejahteraan masyarakat Tangerang dan sekitarnya. 

Tangerang Tempo Dulu dan Sekarang

Awal pembentukan wilayah Tangerang adalah dari sebuah area kosong yang ditempati kerajaan Padjajaran dimana bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah. Jadi, Di Tangerang pakai Bahasa apa?

Dengan dasar pergerakan penduduk Cirebon, Banten, Priangan, bogor dan sebagainya maka bahasa resmi daerahnya adalah sunda. Bahasa sunda dikatakan sebagai bahasa asli yang tidak dipengaruhi oleh bahasa asing, terbentuk dari percampuran bahasa Jawa dan suku asal Jawa Barat. Sama halnya dengan bahasa Jawa dan logat ngapak, atau Madura. 

Kota Tangerang lahir tahun berapa?

Tangerang tempo dulu dibentuk tahun 1712 menjadi pusatnya aktivitas perniagaan era jaman Belanda sehingga banyak saudagar dari luar Jawa datang ke sana untuk berdagang dengan pihak asing. Ada juga pihak pendatang asing dari Tiongkok yang juga ikut berdagang, dan memang cepat ramai kota Tangerang tersebut. UMR Tangerang terbentuk dari sokongan aktivitas dagang dan usaha lainnya sehingga cukup tinggi dari daerah Jawa Tengah. 

Suku Penduduk Tangerang

Tangerang kebanyakan suku apa?

Jika diteliti dari asal usul penduduknya, Tangerang lebih banyak didiami oleh penduduk suku sunda dengan logat bahasa sunda yang sangat unik dan menarik tempo dulu. Ada juga beberapa membaur dengan suku asing Cina yang makin hari makin bercampur dengan datangnya penduduk daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hingga saat ini, suku terbanyak Tangerang masih suku sunda sebanyak 70%, suku Jawa sebanyak 25% dan sisanya suku dari daerah luar Jawa. 

Kendati demikian, semua suku tersebut hidup rukun dan tidak banyak menimbulkan konflik. Para pendatang luar Jawa juga mencari kesejahteraan dan pengalaman kerja karena UMR di Tangerang bisa untuk menunjang kehidupan. 

Agama mayoritas di Tangerang menurut data statistika 2023 terbanyak pertama adalah Islam, kemudian Kristen dan Katolik, Budha, Hindu dan Kong Hu Chu. Dengan adanya ragam keyakinan tersebut tidak membuat kehidupan di Tangerang berubah menjadi kacau tapi semakin rukun, bangunan tempat ibadah kuno seperti klenteng, vihara, gereja menjadi bukti bahwa pemerintah Tangerang memperhatikan penduduknya untuk beribadah. 

Mengapa Disebut Tigaraksa Tangerang?

Masyarakat sekitar tempo dulu yakni di bawah pimpinan putra Sultan Ageng Tirtayasa memberikan sebuah mandat untuk membangun tugu prasasti di di sebelah barat Sungai Cisadane. Tugu tersebut bertuliskan dengan bahasa arab gundul dimana memiliki inti ada penancapan tugu tanda dari kekuasaan tiga pimpinan tanggal 5 bulan Sapar, sebagai penjaga tanah Parahyangan. Inilah Kenapa dinamakan Tigaraksa Tangerang?

Jadi, sebutan tersebut artinya tiang tiga atau tiung tanglu yang ditujukan kepada pimpinan atau tumenggung berjumlah 3 orang dikala kepemimpinannya sangat dihormati dan bijaksana. Nama Tangerang sendiri diambil dari benteng atau tugu untuk perbatasan pertempuran dengan penjajah Belanda. 

Prospek Kerja di Tangerang

Melihat adanya banyak pergerakan investor yang masuk ke Tangerang maka pemerintahan setempat membuat keputusan angka UMR atau upah minimal regional di Tangerang sebesar Rp. 4.608.000 mulai tahun 2024. Angka UMR di Tangerang tersebut diambil dari perhitungan standar biaya hidup sekitar dan jumlah omzet perusahaan yang beroperasi. Jadi, setiap perusahaan skala besar dengan ketentuan aturan usaha wajib memberikan upah kepada pekerjanya sebesar Rp. 4,6 juta per bulan di luar tunjangan lainnya. 

Berapa UMR Tangerang 2024?

UMR di Tangerang hampir rata-rata dipenuhi dan untuk tempat usaha yang masih dalam kelas menengah tidak wajib memberikan gaji UMR Tangerang (masih bisa menyesuaikan dengan omzet yang diperoleh setiap bulan). Wilayah tetangga , Cikarang memberikan angka UMR tinggi dari UMR di Tangerang. Dengan alasan yang cukup masuk akal, pemerintah bekasi Cikarang melihat dari sejumlah potensi terbanyak di Cikarang dan industrinya yang begitu cepat. Berapa gaji UMR Cikarang? 

Pemerintah Cikarang memberikan aturan standar pembiayaan UMR paling rendah yakni Rp. 5.343.000 per bulan untuk tenaga operasional pabrik. Sedangkan untuk UMR tenaga perusahaan administratif menengah dan tinggi mencapai angka Rp. 9 juta per bulan. Tak heram mengapa banyak orang berbondong-bondong mencari pekerjaan di area Jabodetabek karena angka UMR di sana cukup menggiurkan. Sirkulasi perekonomiannya sangat cepat sekali dari berbagai divisi seperti pariwisata, pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya. 

Sektor industri yang sangat ramai dan maju cepat di Jawa Barat adalah otomotif, konveksi, ritel dan konstruksi bangunan. Keempat sektor tersebut memberikan suntikan besar untuk kemajuan pemerintah daerah, dan tak lupa juga dipenuhi oleh sumber daya manusia yang sangat kompeten. Mulanya, UMR Cikarang tahun 2020 hanya diberikan sebesar Rp. 4,1 juta per bulan kemudian tahun 2022 tidak mengalami kenaikan sama sekali di angka Rp. 4,7 juta per bulan. Barulah tahun 2023 naik sebesar Rp. 345.000 dan tahun 2024 ada kenaikan sebesar Rp. 81.688 per menjadi UMR Cikarang Rp. 5,3 juta. 

Gaji Tertinggi Indonesia Dimana Ya?

Pada dasarnya, setiap daerah memiliki standar aturan pembiayaan upah ditentukan dari besar wilayah dan potensi industrinya. Makin banyak potensi industrinya maka makin bagus angka kenaikan UMRnya, tetapi hal itu ada tidak akan berlaku jika wilayahnya masih luas tapi sepi dengan potensi industri baik lokal atau non lokal. Perihal yang menggerakkan kenaikan angka UMR yakni pajak perusahaan ke pemerintah daerah telah menyesuaikan dengan omzet, biaya hidup dan persebaran penduduk. Gaji tertinggi di Indonesia kota apa saja?

Menjawab pertanyaan tentang daerah dengan gaji tertinggi, anda bisa cek daftar ini:

  1. Kota Bekasi
  2. Kabupaten Karawang
  3. Kabupaten Bekasi 
  4. Dki Jakarta
  5. Kota Depok 
  6. Kota Cilegon
  7. Kota Bogor 
  8. Kota Tangerang
  9. Kota Surabaya
  10. Kota Tangerang Selatan 

Mengamati dari dari daftar di atas bahwa UMR Tangerang itu berapa? memegang kunci UMR standar tertinggi merata khusus Tangerang memberikan batas minimal pembiayaan tenaga operasional di angka Rp. 4,6 juta sampai Rp. 4,8 juta per bulan. Kenyamanan hidup di Tangerang yang telah banyak orang rasakan adalah tidak terlalu sumpek seperti Jakarta dan depok, dari segi biaya hidupnya masih bisa dikendalikan dan tidak terlalu menekan boros. 

Tangerang identik dengan apa?

Identik dengan karaker penduduknya juga masih cukup rasional dan pola pemikirannya lebih modern, maju. Tangerang memiliki program 15 maju yakni Tangerang Religi, Gerakan Tangerang Sehat, Masyarakat Bugar, Sayang Barudak, Tangerang Mantap, Gerbang MAPAN, KEMBANGKU, OPTIMA, GEBRAK PAKUMIS PLUS, GSM, SANITREN, KIPPRAH, LESTARI, PEKAT LANTAS, dan PROAKTIF. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top