Berita - Dalam Negeri

Kota Tangerang Lahir Tahun Berapa? Sejarah Dan Fakta-Fakta Uniknya

Kota Tangerang Lahir Tahun Berapa? Sejarah Dan Fakta-Fakta Uniknya
Share:

Kota Tangerang lahir tahun berapa? Membahas sejarah sebuah kota, termasuk Tangerang, pasti berkaitan dengan asal usul atau pembentukannya. Seperti kota-kota lain di Indonesia pula Tangerang punya catatan sejarah yang cukup panjang untuk dikulik. Uniknya, momen ‘kelahiran’ kota ini berhubungan erat dengan penamaan serta kesalahan penyebutannya.

Asal muasal Kota Tangerang

Berdasarkan sejumlah sumber, penamaan ‘tangerang’ dipercaya berasal dari ‘tangger’, yakni kata dalam bahasa Sunda yang diartikan sebagai ‘tanda’. Pemakaian kata ini pun umum ditemukan pada abad ke-17 yang mana dilakukan Kerajaan Banten. Tujuannya adalah membatasi area kekuasaan antara kerajaan dengan wilayah pemerintahan Hindia Belanda. Adapun pembatasannya berada di bagian barat Sungai Cisadane.

Sumber lain menyebutkan, ‘perang’ adalah sumber penamaan Tangerang. Pertempuran yang dimaksud pun merujuk pada area Kesultanan Banten yang kerap digunakan sebagai tempat untuk bertempur dengan pemerintah VOC. Pelafalannya pun beragam, dari ‘tangeran’, ‘tanggeran’, dan ‘tangger’ hingga berubah menjadi ‘tangerang’ seiring berjalannya waktu.

Salah satu faktor yang menyebabkan kesalahan pelafalan tersebut adalah keterlibatan tentara Belanda dalam pertempuran. Khususnya mereka yang berasal dari Makassar, karena mereka tak familier dengan kosakata berakhiran ‘n’. Kemudian, penyebutan menjadi Tangerang diresmikan pada Desember 1943 saat Indonesia diduduki Jepang.

Lantas, Kota Tangerang lahir tahun berapa? Sebelumnya, Tangerang dibentuk menjadi kota administratif berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) 50/1981. Kemudian, terjadi pemekaran di Tangerang Raya pada 1993 yang memecahnya menjadi tiga wilayah: Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan alias Tangsel, serta Kota Tangerang.

Sejak 1993, Kota Tangerang telah dipimpin lima walikotamadya dengan dua antaranya menjabat selama masing-masing dua periode. Ketiganya dulu masih merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat sebelum akhirnya Banten memisahkan diri menjadi provinsi baru pada Oktober 2000 dengan Serang selaku ibu kota.

Fakta-fakta unik tentang Kota Tangerang

Dibandingkan Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang memang tak terlalu dikenal masyarakat. Bahkan ada yang menganggap bila kota ini sama dengan Tangsel. Padahal, ada perbedaan di antara ketiganya, termasuk UMR di Tangerang di kotamadya yang beberapa kali lebih tinggi dibandingkan dua wilayah tersebut.

Di masa lalu, kawasan yang kini menjadi Kota Tangerang pun sempat dijadikan area membangun benteng untuk pertahanan melawan pasukan Belanda. Keberadaannya tak terlepas dari tiga maulana atau aria bernama Santika, Wangsakara, serta Yudhanegara yang disebut-sebut sebagai kerabat jauh sultan yang memimpin Kerajaan Sumedang Larang. Untuk itu pula Tangerang memiliki julukan sebagai Kota Benteng.

Dari penjelasan di atas, Anda dapat menarik kesimpulan bahwa 1993 adalah jawaban dari Kota Tangerang lahir tahun berapa. Semoga informasi ini pun makin membuka wawasan tentang sejarah Indonesia dengan keberagaman budayanya yang patut dilestarikan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top