Keuangan - Keuangan

Berapa UMR Tangerang 2024? Intip Nominal Dan Aturan Penentuannya!

Berapa UMR Tangerang 2024? Intip Nominal Dan Aturan Penentuannya!
Share:

Upah minimum regional alias UMR hingga saat ini masih digunakan untuk menentukan nominal penghasilan sebuah daerah atau provinsi. Perubahan yang dilakukan setiap setahun sekali lantas membuat masyarakat menanyakan berapa UMR Tangerang 2024. Pasalnya ketetapan ini akan berdampak pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari serta kepentingan finansial lainnya.

Ketetapan UMR Tangerang pada 2024

UMR, yang dikenal juga sebagai UMP, terbaru untuk Tangerang Raya telah resmi diumumkan pada awal No. 2024 silam. Almuktabar yang menjadi Pj Gubernur Banten yang menyampaikannya. Penentuan jumlah untuk gaji minimum tersebut dibagikan lewat Surat Keputusan Gubernur Banten No. 561/Kep.293-Huk/2023.

Tangerang Raya mempunyai beberapa wilayah secara administratif: Tangerang Selatan alias Tangsel, Kabupaten Tangerang, serta Tangerang Selatan. UMR di Tangerang terkini di ketiga wilayah ini adalah:

  • Kota Tangerang: dari Rp4,7 jutaan per bulan;
  • Tangerang Selatan (Tangsel): dari Rp4,6 jutaan per bulan;
  • Kabupaten Tangerang: dari Rp4,6 jutaan per bulan.

Kota Tangerang berada di posisi kedua dengan penghasilan tertinggi di Banten. Pada peringkat teratas, terdapat Kota Cilegon yang memasang angka Rp4,8 jutaan per bulan untuk UMR wilayahnya. Di bawah kotamadya, ada Tangerang Selatan di posisi ketiga. Nominal-nominal UMR tersebut pun sudah mengalami kenaikan beberapa persen, dari 1,16% sampai 3,83%.

Aturan penetapan UMR di Tangerang pada 2024

Penentuan nominal untuk berapa UMR Tangerang 2024 bukan hanya didasarkan pada surat dari gubernur. Ada pula surat yang diterbitkan Menteri Ketenagakerjaan yang membahas ketentuan atau tata cara penetapan nominal upah minimum pada 2024.

Sejumlah pihak terlibat dalam pengambilan keputusan tersebut. Antara lain pemerintah di area provinsi, kota serta kabupaten, pengusaha, serta perwakilan dari serikat buruh. Usulan UMR lantas dibahas dewan pengupahan untuk wilayah kota serta kabupaten Tangerang Raya. Begitu keputusan diambil, gubernur yang akan mengesahkannya.

Nominal penghasilan yang diterbitkan berlaku untuk buruh maupun pekerja yang memiliki masa kontrak kurang dari satu tahun. Sementara mereka telah bekerja lebih dari setahun akan diberikan upah sesuai pedoman struktur skala penghasilan. Jumlah penghasilannya pun bisa lebih tinggi dari angka UMR di kawasan tersebut.

Lalu, apa yang terjadi kalau pihak yang memberikan kerja melakukan pelanggaran terhadap keputusan penentuan UMR? Mereka akan kena sanksi atau hukuman sesuai peraturan atau undang-undang terkait kebijakan tersebut. Maka dari itu saat UMR terbaru diterbitkan, pelaku usaha sebaiknya menyesuaikan diri untuk mencegah protes dari para karyawannya.

Dengan mengetahui berapa UMR Tangerang 2024, baik di kota maupun kabupaten, pihak-pihak pemberi kerja diharapkan dapat memenuhi hak pekerja maupun buruh. Di sisi lain, karyawan pun harus mampu meningkatkan performa serta produktivitas mereka, terutama kalau ingin menerima kenaikan penghasilan yang lebih menjanjikan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top