Keuangan - Keuangan

Gaji Tertinggi Di Indonesia Kota Apa Saja? 8 Penerima Tertinggi UMR 2024

Gaji Tertinggi Di Indonesia Kota Apa Saja? 8 Penerima Tertinggi UMR 2024
Share:

Perubahan UMR atau UMP yang dilakukan setiap tahun sering kali mengundang pertanyaan gaji tertinggi di Indonesia kota apa saja? sejumlah faktor seperti ekonomi, kondisi ketenagakerjaan, serta median upah turut mempengaruhi ketetapan yang diatur Permenaker. Adapun delapan kota yang pada 2024 mendapatkan angka penghasilan tertinggi adalah:

1. Kota Bekasi

Berdasarkan keputusan dari Gubernur Jawa Barat, Kota Bekasi menetapkan upah minimum dari Rp5,3 jutaan per bulan. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 3,59% dari tahun sebelumnya yang berada di nominal Rp5,1 jutaan.

2. DKI Jakarta

Beberapa orang barangkali terkejut mendapati DKI Jakarta berada di posisi keempat. Nilai upah minimum yang diberikan kepada pekerja adalah dari Rp5 jutaan per bulannya. Terdapat kenaikan sebesar 3,38% dari nominal upah sebelumnya yang masih di angka Rp4,9 jutaan.

3. Kota Depok

Kota Depok masuk ke daftar gaji tertinggi di Indonesia kota apa saja dengan nominal dari Rp4,6 jutaan. Pada tahun sebelumnya, upah minimum yang diberikan kepada pekerja adalah dari Rp4,8 jutaan yang lantas mengalami kenaikan hingga 3,92% pada 2024.

4. Kota Cilegon

Pindah ke Banten, Kota Cilegon memberlakukan upah minimum senilai dari Rp4,8 jutaan. Ada kenaikan sekitar 3,39% dibandingkan penghasilan pada 2023. Pada tahun sebelumnya, nominal upah berada di angka dari Rp4,6 jutaan.

5. Kota Bogor

Kota Bogor masuk ke daftar sepuluh besar dengan penetapan upah minimum sekitar Rp4,8 jutaan per bulannya. Kenaikan sebesar 3,76% pada 2024 memberikan perubahan yang cukup signifikai dari penghasilan pada 2023 yang ada di angka Rp4,6 jutaan.

6. Kota Tangerang

UMR di Tangerang untuk kawasan kotamadya pada 2024 adalah dari Rp4,7 jutaan dan termasuk yang paling tinggi di Indonesia. Kenaikannya pun cukup besar, sebab pada 2023 silam nominal upah minimumnya masih berada di angka Rp4,5 jutaan per bulan.

7. Kota Surabaya

Sebagai salah satu kota metropolitan, Surabaya memberlakukan upah minimum dari Rp4,7 jutaan per bulan pada 2024. Persentase peningkatannya tergolong tinggi yakni kurang lebih 4,42% dan jauh melampai penetapan upah yang berlaku, yaitu dari Rp2,1 jutaan.

8. Kota Tangerang Selatan

Terakhir ada Kota Tangerang Selatan yang juga mengalami kenaikan persentase upah minumum sebesar 2,62%. Pada 2023, penghasilan yang diterima para pekerja di kota ini adalah sekitar Rp4,5 jutaan per bulan, tetapi pada 2024 bertambah menjadi dari Rp4,6 jutaan.

Bukan hanya di perkotaan, sejumlah kabupaten juga turut mengalami perubahan upah minimum. Salah duanya Kabupaten Bekasi serta Kabupaten Karawang yang menaungi sejumlah industri besar di Pulau Jawa, bahkan Indonesia. Dengan mengetahui gaji tertinggi di Indonesia kota apa saja pun Anda diharapkan lebih siap untuk bersaing.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top