Berita - Dalam Negeri

Tangerang Identik Dengan Apa?

Tangerang Identik Dengan Apa?
Share:

Kota Tangerang, ibukota provinsi Banten memiliki ciri khas yang unik. Sebagai kota multietnik maka banyak yang penasaran, Tangerang identik dengan apa? Simak pembahasannya berikut ini.

Kota Industri

Dengan tingkat UMK di Tangerang sebesar 4,760 juta Rupiah, yakni lebih tinggi sekitar 100 ribuan Rupiah jika dibandingkan dengan wilayah sekitarnya, dengan fasilitas yang lebih unggul, maka di kota Tangerang cukup banyak berdiri pabrik dan kantor. Sehingga disebut sebagai kota seribu industri dan sejuta jasa.

Kota Bandeng

Kota Tangerang juga dikenal dengan kuliner khasnya. Mulai dari pasar Bandeng hingga beragam olahan bandeng bisa ditemui di sini. Ada pecak bandeng dan belut di Wisata Kuliner Satria, Jl. Satria No. 3 - 4, Kota Tangerang. Lalu juga sate Bandeng yang gurih di Sabanban, Jl. Tmp. Taruna D5 No.37, Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, hingga olahan presto Bandeng produksi Suseno dan Kurnani di Jalan AMD V, No. 63, Gandasari, Jatiuwung, Kota Tangerang. 

Selain Sate Manis Gerendeng khas Kota Tangerang, dari daging kepala sapi yang dibumbui gula merah dan ketumbar. Juga Laksa Tangerang, baik itu laksa nyai atau laksa nyonya, berisi mie tebal berbahan tepung beras yang disiram kuah kaldu ayam bersantan dan kentang, juga kacang hijau, serta potongan ayam dan telur, yang kaya rempah. Laksa ini berbeda dari laksa yang ada di kota lain, seperti laksa Bogor, Laksa Betawi atau laksa Medan. 

Juga ada sayur besan dari bunga tebu atau terubuk, dan kentang, serta bihun juga petai, yang biasanya dihidangkan bagi orang tua mempelai laki-laki saat bertandang ke rumah orang tua mempelai wanita. Kemudian ada Soto Benteng Bang Udin yang khas dari daging dan jeroan sapi yang dibakar lalu disiram kuah santan atau bening dan sambal kacang. Bisa dibeli di Jl. Saham, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. 

Ciri Khas Kota Tangerang

Beberapa hidangan tersebut menunjukkan ciri khas kota Tangerang, dan cukup sulit ditemui di tempat lain.

  • Ikon Kota Tangerang

Terdapat pula bangunan ikon kota Tangerang berikut ini.

  • Tugu Ikan Gabus

Lokasinya di tengah perempatan Jalan KH. Hasyim Ashari, Cipondoh, Kota Tangerang.

  • Jam Gede Jasa

Landmark di pusat Kota Tangerang ini telah dibangun sejak jaman kolonial Belanda.

  • Jembatan Berendeng

Jembatan tertua di Kota Tangerang ini menghubungkan dua sisi Sungai Cisadane, dibangun pada tahun 1908.

  • Tugu Adipura

Simbol prestasi kota Tangerang ini ada di pusat kota.

  • Pintu Air Sepuluh

Lokasinya ada di Kampung Sepuluh.

Budaya Khas Kota Tangerang

Ada pula beberapa budaya yang tercipta secara khusus di kota Tangerang. Dalam hal ini seperti tari cokek yang telah ada sejak lama hingga tari kreasi baru lenggang Cisadane. Hasil gabungan antar budaya beberapa etnis yang ada di kota Tangerang. Juga gambang kromong yang memadukan instrumen gesek dan tiup dari Cina, dengan instrumen Gendang dari Sunda, serta instrumen Gambang, Kromong, Kempul, Kecrek dan Gong dari Jawa. Lalu juga dengan silat beksi khas Tangerang.

Itulah beberapa hal yang identik dengan Tangerang dan menjadi ciri khasnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top