Berita - Dalam Negeri

Apa Julukan Dari Bogor? Ada Beberapa Yang Perlu Diketahui

Apa Julukan Dari Bogor? Ada Beberapa Yang Perlu Diketahui
Share:

Sering dikenal sebagai Kota Hujan, Bogor nyatanya punya banyak julukan yang lain. Julukan ini juga tak sembarang ada, tapi muncul sebagai cerminan dari kekayaan budaya, sejarah, serta lingkungan alam. 

Dengan mengetahui beberapa julukan dari Kota Bogor, perjalanan Anda di kota ini jadi lebih berarti. Lalu, apa julukan dari Bogor? Mari simak!

Beberapa Julukan Bogor

Bogor terkenal dengan kota apa? Bogor sendiri punya sejumlah julukan dari penduduk sekitar dan warga Indonesia. Berikut diantaranya:

1. Kota Hujan

Pertama, pastinya Anda sudah familiar dengan julukan yang satu ini untuk Kota Bogor. Julukan Kota Hujan mencerminkan iklim di Bogor yang punya curah hujan lebih tinggi daripada daerah-daerah yang lain di Indonesia. 

Iklim di Bogor ini sebagian besar dipengaruhi beberapa gunung yang ada di sekitarnya. Mikroklimat khusus terbentuk dari Gunung Pangrango, Gunung Salak, serta Gunung Gede adalah alasan tingginya curah hujan di Bogor. Dengan kata yang lain, keberadaan dari gunung-gunung itu bentuk pola cuaca khas serta hasilkan curah hujan yang tinggi. 

2. Kota Seribu Angkot

Bogor pun dikenal dengan julukan Kota Seribu Angkot. Angkutan kota ataupun angkot memang adalah sarana transportasi publik terbanyak dipakai di Bogor. Sebagai kota yang berpenduduk padat serta punya banyak destinasi wisata, Bogor membutuhkan moda transportasi efisien serta cepat untuk memfasilitasi pergerakan para penduduk dan juga pengunjung. 

Tak heran jika angkot, berkapasitas lebih kecil serta fleksibilitas yang lebih besar daripada bus kota ataupun kereta, jadi pilihan ideal. 

Jumlah angkot di wilayah Bogor sangat banyak sampai seribu lebih. Angkot-angkot tersebut jadi ciri khas Bogor serta memiliki peran yang penting di dalam sistem transportasi kota, berikan aksesibilitas tinggi yang topang berbagai destinasi Bogor. 

Akan tetapi, banyaknya angkot pun jadi tantangan di dalam pengelolaan lalu lintas. Tak jarang angkutan-angkutan kota jadi penyebab dari kemacetan di sejumlah titik. 

3. Kota Petir

Apa julukan dari Bogor yang lainnya? Julukan Kota Bogor yang selanjutnya adalah Kota Petir, yang muncul dikarenakan seringnya petir muncul di kota ini. Terjadinya fenomena ini karena posisi geografis Bogor yang dikelilingi oleh pegunungan serta iklim tropis, sehingga atmosfernya jadi ideal untuk awan petir terbentuk. 

Rekor frekuensi petir di wilayah Bogor bahkan tercatat di dalam Guinnes Book of World Records. Di dalam satu hari saja, jumlah sambaran petir di Kota Bogor dapat capai 322 kali, sedangkan rata-rata sambaran petir dengan global, yakni kurang lebih 80 kali per hari. 

Biasanya, petir ini terjadi di musim hujan, serta sering disertai dengan angin kencang dan hujan lebat. Tentunya fenomena ini menjadikan Kota Bogor unik serta berbeda dari kota-kota yang lain di Indonesia. 

Sebagai catatan, meskipun kerap dianggap menakutkan, sebenarnya petir punya fungsi penting di dalam ekosistem. Petir membantu dalam memecah molekul nitrogen di udara serta mengubahnya jadi nitrat, bentuk nitrogen yang dapat diserap oleh tumbuhan. 

Apa julukan dari Bogor? Jika Anda diberi pertanyaan tersebut, maka Anda bisa menjawab dengan beberapa julukan, tiga di antaranya adalah julukan di atas. Semoga bermanfaat! 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top