Berita - Dalam Negeri

Bahasa Bogor Untuk “Apa Kabar” – Panduan Memulai Percakapan

Bahasa Bogor Untuk “Apa Kabar” – Panduan Memulai Percakapan
Share:

Apakah Bahasa Bogor untuk “apa kabar”? Pertanyaan ini mungkin akan muncul saat Anda berkunjung ke rumah teman Anda di Bogor. Atau, bisa juga saat Anda akan pindah ke Bogor dan ingin tahu kata sapaan yang tepat untuk berkomunikasi dengan orang sekitar rumah Anda. Lalu, apa jawabannya?

Bahasa Yang Digunakan di Bogor

Hal pertama yang harus dipelajari adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat setempat. Kebanyakan, masyarakat di Bogor menggunakan Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia. Jadi, untuk mudahnya, Anda bisa menggunakan Bahasa Indonesia untuk menanyakan kabar. 

Dari situ, Anda bisa mengembangkan pembicaraan ke berbagai hal. Misalnya, Anda dapat menanyakan tentang Bogor terkenal dengan kota apa? Atau, makanan yang enak dan khas dari Bogor.

Memakai Bahasa Sunda

Tetapi, bila Anda ingin lebih dekat, Anda bisa mencoba menggunakan Bahasa Sunda untuk menanyakan kabar. Salah satu sapaan paling umum untuk menanyakan kabar dalam Bahasa Sunda adalah “kumaha damang”. Artinya, apa kabar?

Tetapi, selain itu, ada juga sapaan lain dalam Bahasa Sunda yang bisa digunakan. Misalnya, “kumaha cageur?” yang artinya juga menanyakan kabar lawan bicara. Atau, Anda juga bisa langsung mengucapkan bagian “damang”, tanpa menyebutkan “kumaha?” atau kalau sudah akrab bisa juga “cageur?”.

Sedangkan bila teman Anda yang dari Bogor menanyakan pertanyaan serupa, Anda bisa menjawabnya dengan Bahasa Sunda pula. Misalnya, “sae, sawlerna?” yang artinya “kabar baik, bagaimana dengan Anda?”. Kata-kata tersebut juga mungkin Anda dapatkan saat menanyakan hal serupa. Jadi, tidak usah panik bila Anda mendapatkan jawaban tersebut.

Kata Sapaan Lain Yang Harus Anda Ketahui

Selain Bahasa Bogor untuk “apa kabar”, Anda juga perlu mengetahui beberapa kata yang sering digunakan untuk menyapa. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Sampurasun – artinya “permisi”, biasanya digunakan untuk bergabung dalam satu kelompok yang terdiri dari banyak orang.
  • Punten – artinya sama, yaitu “permisi”. Tetapi, Anda mengucapkannya saat berjalan di depan orang.
  • Wilujeng – kata ini adalah kata sapaan yang bila dipasangkan dengan kata lain akan membentuk kata sapaan. Biasanya, dipasangkan dengan kata yang menggambarkan kondisi saat itu, seperti wilujeng enjing (selamat pagi). Jadi, fungsinya sama dengan kata selamat dalam Bahasa Indonesia, seperti selamat pagi, selamat malam, selamat datang dan lainnya.

Penutup

Mengetahui bahasa lokal yang digunakan di Bogor untuk apa kabar saja tidak cukup, bila Anda ingin lebih mudah bersosialisasi. Jadi, beberapa contoh diatas kita harapkan akan sangat membantu Anda saat berkomunikasi dengan teman Anda yang berasal dari Bogor. Selain itu, informasi diatas juga menunjukkan betapa kayanya budaya Indonesia. Jadi, hanya dari belajar Bahasa Bogor untuk “apa kabar”, Anda mungkin dapat menemukan banyak hal menarik.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top