Berita - Dalam Negeri

3 Tingkatan Bahasa Sunda Untuk "Aku Sayang Kamu"

3 Tingkatan Bahasa Sunda Untuk "Aku Sayang Kamu"
Share:

Saat Anda akan pindah ke daerah Bogor, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menguasai bahasa lokal yang digunakan. Dengan demikian, Anda akan dapat dengan mudah bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Karena bahasa yang banyak digunakan adalah Bahasa Sunda, maka tidak ada salahnya memulai dari yang sederhana. Misalnya, Bahasa Sunda untuk "aku sayang kamu".

Ungkapan ini jamak digunakan dalam percakapan, khususnya dengan pasangan atau seseorang yang Anda sukai. Jadi, Anda akan lebih mudah mengembangkan kemampuan berbahasa Sunda Anda saat memulainya dari sini. Untuk mempermudah, pertama-tama, Anda harus tahu tiga tingkatan bahasa dalam Bahasa Sunda.

Tiga Tingkatan Bahasa Sunda

Cara pengucapan “aku sayang kamu” dalam Bahasa Sunda dapat dibedakan berdasarkan tingkatan bahasanya. Dalam Bahasa Sunda, hal ini disebut undak usuk. Tiga tingkatan tersebut dinamakan:

  • Bahasa Lemes,
  • Bahasa Loma,
  • Bahasa Kasar.

Bahasa Lemes digunakan pada seseorang yang Anda hormati atau lebih tua, misalnya orang tua atau seseorang yang baru Anda kenal. Loma dipakai untuk berbicara dengan seseorang seumuran yang sudah akrab. Bahasa Kasar biasa digunakan saat marah, tetapi ada kalanya digunakan mengungkapkan sayang pada seseorang yang sudah sangat dekat, jadi terkesan lebih gamblang.

1. Bahasa Lemes Sunda untuk Aku Sayang Kamu

Bahasa Sunda untuk "aku sayang kamu" untuk tingkatan ini ada dua macam, yaitu:

  • Abi nyaah ka anjeun 
  • Abdi nyaah ka salira

Arti keduanya sama, yaitu aku sayang kamu. Gunakan pada orang yang Anda hormati, seperti orang tua, bapak, ibu, atau orang lebih tua. Dengan begitu, Anda tidak akan terkesan kasar saat mengungkapkan rasa sayang tersebut, setelah Anda pindah ke Bogor nanti.

2. Bahasa Loma Sunda untuk Aku Sayang Kamu

Untuk yang satu ini, sebenarnya ada banyak variasi yang bisa digunakan. Tetapi, pada umumnya, banyak orang menggunakan kalimat ini:

  • Urang nyaah ka maneh

3. Bahasa Kasar Sunda untuk Aku Sayang Kamu

Pada beberapa tahun lalu, bahasa ini jarang digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang. Karena, biasanya kata-katanya lebih dipakai saat marah atau pada hewan. Tetapi, sekarang banyak pasangan yang memakainya sebagai simbol kedekatan. Kalimat yang bisa Anda gunakan adalah:

  • Aing nyaah ka sia.

Penutup

Dengan memulai dari aku sayang kamu, Anda bisa mengembangkan kemampuan bahasa Anda lebih luas. Jadi, saat ada seseorang bertanya, Bogor terkenal dengan kota apa? Anda bahkan mampu menjelaskannya dengan bahasa Sunda. Dan, hal tersebut mungkin akan lebih menarik perhatian orang tersebut untuk berwisata ke Bogor.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai Bahasa Sunda untuk "aku sayang kamu". Sekarang, Anda hanya perlu rajin mempelajari dan mempraktekkannya. Dengan begitu, Anda akan semakin lancar berbahasa Sunda, dan mampu berkomunikasi dengan baik saat sampai dan tinggal di Bogor nantinya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top