Berita - Dalam Negeri

Kenapa Disebut "Bogor"? Sejarah Asal Mula Nama Bogor

Kenapa Disebut "Bogor"? Sejarah Asal Mula Nama Bogor
Share:

Nama Kota Bogor mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kota ini terkenal sebagai kota dengan curah hujannya yang tinggi. Tetapi, apakah Anda pernah bertanya, Kenapa disebut “Bogor”? Darimana asal nama ini?

Sebenarnya, ada banyak teori dan informasi mengenai asal mula nama Bogor. Salah satu teori yang paling terkenal adalah nama ini berasal dari kata “Bokor”. Disini, kita akan mencoba mengulik lebih jauh tentang teori asal mula nama Bogor tersebut.

Apa Itu Bokor?

Bokor adalah sebutan untuk bagian bawah pohon yang sudah ditebang. Untuk kasus nama Kota Bogor, bagian bawah pohon atau yang juga disebut tunggul merupakan bagian dari pohon Kawung. Dalam Bahasa Indonesia, pohon ini juga dikenal dengan sebutan pohon enau atau nira. 

Karena adanya pohon Kawung ini, serta bagian Bokor tersebut, maka nama Bogor muncul sebagai nama dari kota ini. Selain itu, bila Anda melihat beberapa nama dari area di Bogor, Anda bisa menjumpai nama yang menggunakan kata Kawung. Misalnya, Bantar Kawung atau Cikawung.

Filosofi Pohon Kawung

Cerita tentang Kenapa disebut “Bogor” yang berasal dari Bokor pohon Kawung ini ternyata juga memiliki makna tersendiri. Hal ini menggambarkan karakteristik masyarakat Bogor. Oleh karena itu, cerita ini dianggap sebagai cerita paling akurat yang menggambarkan asal mula nama Bogor.

Lalu, apa makna atau filosofi pohon Kawung ini? Hal ini bisa Anda lihat dari kemampuan pohon ini. Pada jaman dulu, banyak orang menggunakan bagian Bokor dari pohon Kawung untuk kayu bakar. Hal ini dikarenakan kayu bakar dari bahan kayu ini apinya dapat menyala sangat lama, meskipun kecil, jadi cocok untuk penghangat.

Sifat kayu tersebut menggambarkan sifat dari masyarakat Bogor. Meskipun dibakar atau diprovokasi, mereka tidak mudah termakan omongan provokator tersebut. Alhasil, Bogor dikenal cukup aman dan damai saat daerah lain terlibat konflik. 

Bogor terkenal dengan kota apa? Pertanyaan tersebut mungkin juga berhubungan dengan atmosfer damai Bogor. Karena terkenal sebagai Kota Hujan, maka suasananya dingin dan kalem. Jadi, penduduknya hidup dengan tentram disini.

Selain sebagai kayu bakar, kayu dari pohon Kawung juga digunakan sebagai tiang rumah. Dan, bila digunakan untuk tiang rumah, maka dapat bertahan selama puluhan tahun tanpa kerusakan. Hal ini menggambarkan karakteristik masyarakat Bogor yang tangguh dan konsisten.

Penutup

Itu dia sedikit informasi tentang asal mula dan alasan Kenapa disebut "Bogor". Sebenarnya, masih ada banyak teori dan cerita yang menggambarkan asal mula nama kota ini. Dan, banyaknya cerita itu juga memperkaya pengetahuan dan kebudayaan yang berkembang di Bogor. Yang pasti, cerita-cerita tersebut menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah kota indah ini.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top