Gaya Hidup - Kesehatan

5 Jenis Kuliner Khas Kota Bogor

5 Jenis Kuliner Khas Kota Bogor
Share:

Bogor adalah salah satu kota di Jawa Barat. Kota ini terkenal dengan sebutan kota hujan karena mempunyai curah hujan yang amat tinggi. Kota Bogor memiliki udara sejuk dan pemandangan yang bagus dan asri. Tak hanya itu, ada berbagai kuliner khas Kota Bogor yang wajib dicicipi saat Anda berkunjung ke kota ini. Kota Bogor ini memiliki berbagai makanan enak dan cita rasa otentik. Inilah beberapa kuliner pilihan untuk wisatawan yang berkunjung ke kota Bogor. 

1. Tauge Goreng

Salah satu kuliner terkenal di kota Bogor adalah tauge goreng. Makanan ini sangat terkenal di daerah ini. Apa itu tauge goreng? Makanan ini berbahan dasar tauge dengan bumbu tauco asli dan oncom. Makanan ini memiliki rasa pedas dan gurih yang cocok di lidah. Walaupun ini dinamakan tauge goreng, sebenarnya makanan khas ini tidak melalui proses penggorengan dan justru melalui proses perebusan. Tauge goreng ini biasanya dilengkapi dengan mi kuning khas Bogor, tahu kuning, dan potongan ketupat. 

2. Doclang

Kuliner ini adalah khas kota Bogor yang saat ini sudah jarang ditemui. Kuliner ini mirip dengan ketoprak ataupun gado-gado yang berbahan dasar lontong dengan bumbu kacang. Makanan ini semakin lezat dengan irisan telur rebus, tahu rebus, dan kerupuk. Perbedaan doclang dengan gado-gado ataupun ketoprak adalah proses dan bahan pembuatan lontong. Proses pembuatan lontong ini biasanya memakai daun patat yang hanya bisa didapatkan di kaki Gunung Salak. Daun ini bisa mengeluarkan aroma harum sehingga cita rasa lontong semakin enak. 

3. Laksa Bogor

Bogor terkenal dengan kota apa? Bogor terkenal dengan kota hujan. Tak heran jika Anda bisa mencicipi makanan hangat berkuah di kota ini. Makanan ini memiliki rasa gurih dan pedas yang cocok sekali dimakan saat suasana Bogor sedang hujan. Makanan ini seperti soto jika dilihat secara sekilas. Anda bisa menikmati makanan khas Bogor ini dengan tambahan irisan ketupat, suwiran ayam, tahu, tauge rebus, oncom, irisan telur, dan daun kemangi sebagai bahan topping. 

4. Soto Mi Bogor

Tak lengkap rasanya berwisata ke Bogor tanpa mencicipi Soto Mi Bogor. Soto ini sangat berbeda dengan daerah lain dengan isian uniknya yaitu risol, mi kuning, kikil, lebak, kentang, kol, daun bawang, dan daun seledri. Soto mi Bogor ini sangat segar dan lezat dengan tambahan perasan jeruk limau. Akan lebih nikmat jika Anda makan makanan ini dengan kerupuk atau emping. 

5. Cungkring

Kuliner khas kota Bogor lainnya adalah cungkring. Makanan ini sangat khas dari Kota Bogor. Cungkring ini dibuat dari kikil yang diolah dengan bumbu kuning dan disiram dengan bumbu kacang. Cungkring ini biasanya disajikan dengan lontong ketan. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top