Berita - Dalam Negeri

Apakah Depok Termasuk Bogor? Ini Dia Jawabannya!

Apakah Depok Termasuk Bogor? Ini Dia Jawabannya!
Share:

Apakah Depok termasuk Bogor? Apabila kamu salah satu orang yang memiliki pertanyaan ini, kamu bisa temukan jawabannya di dalam artikel ini, lho!

Kalau begitu, apakah Depok masih merupakan bagian dari Bogor? Yuk temukan penjelasannya berikut ini dan selamat membaca!

Letak dan Sejarah Depok

Depok sendiri merupakan kota yang lokasinya berbatasan secara langsung dengan DKI Jakarta di bagian utaranya, dan Kota Tangerang Selatan di bagian barat.

Sementara itu, bagian timur dan selatan Bogor berbatasan secara langsung dengan Kabupaten Bogor. Apabila membedah sejarah Depok, rupanya sejarahnya bisa diruntut dari sejak zaman penjajahan pemerintah Hindia Belanda.

Kawasan Depok muncul sejak menjadi tanah yang dimiliki seorang petinggi VOC, Cornelis Chastelein, di akhir abad ke-17. Dengan menyandang status sebagai tanah partikelir, Depok tidak dikuasai oleh Hindia Belanda. Bahkan, Depok saat itu punya pemerintahan sendiri.

Begitu Indonesia merdeka, Depok mulanya menjadi sebuah kecamatan di dalam Kawedanaan alias Pembantu Bupati di Parung, Kabupaten Bogor.

Hanya saja, pembangunan Perumahan Nasional oleh Perum Perumnas di tahun 1976 beserta kehadiran kampus baru Universitas Indonesia di tahun 1985 memicu perkembangan pesat di sektor jasa dan perdagangan kawasan Depok.

Alhasil, Amir Machmud yang kala itu menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri pun mulai mengkaji kemungkinan untuk meningkatkan status Depok dari Kecamatan menjadi Kota Administratif.

Tujuan dari peningkatan status tersebut adalah pembangunan yang lebih tertata dan terarah di Depok. Hingga akhirnya, Depok resmi menjadi Kota Administratif Depok alias Kota Depok per 18 Maret 1982 dan tak lagi jadi salah satu daerah Bogor kota apa saja.

Apakah Depok Termasuk Bogor?

Dari penjelasan di atas, tentu sudah bisa kamu simpulkan apa jawaban dari pertanyaan apakah Depok termasuk Bogor. Dulunya Depok memang bagian dari Bogor, namun sekarang sudah menjadi kota sendiri.

Saat awal mula Depok menjadi Kota Administratif, baru ada tiga kecamatan yang jadi bagian dari Depok: Beji, Pancoran Mas, dan Sukamajaya. Dalam tiga kecamatan itu, ada total 17 desa.

Meski demikian, perkembangan Kota Depok masih belum berhenti dan masih berlanjut bahkan hingga saat ini. Perkembangan itu tak hanya mencakup bidang pembangunan kotanya saja, tapi juga bidang pemerintahan. Buntutnya, status desa pun berubah jadi kelurahan.

Dari 17 desa yang kemudian menjadi 17 kelurahan, jumlahnya lantas bertambah menjadi 23 kelurahan sebagai bagian dari pemekaran. Meski begitu, perkembangannya tak berhenti sampai di situ.

Aspirasi masyarakat pada saat itu mendorong peningkatan kembali status wilayah Depok dari Kota Administratif Depok menjadi kotamadya otonom agar pelayanan dapat diselenggarakan secara maksimal.

Hal itu pun akhirnya terwujud pada tanggal 20 April 1999 saat Depok akhirnya resmi menjadi kotamadya (kota) dan sepenuhnya terpisah dari Kabupaten Bogor. Dan saat ini, Kota Depok memiliki 11 kecamatan dan 63 kelurahan.

Itu tadi rangkuman penjelasan soal jawaban untuk pertanyaan apakah Depok termasuk Bogor. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top