Berita - Dalam Negeri

Apa Nama Julukan Kota Depok? Ternyata Ini Alasannya!

Apa Nama Julukan Kota Depok? Ternyata Ini Alasannya!
Share:

Penasaran apa nama julukan Kota Depok? Kalau iya, artikel yang satu ini jelas jangan sampai kamu lewatkan.

Setelah mengetahui daerah Bogor kota apa saja dan tahu bahwa Depok ternyata pernah jadi bagian dari Bogor, sekarang kamu bisa kenali Depok lebih dekat lagi dengan mengenal nama julukannya.

Nama Julukan Kota Depok

Buat kamu yang belum tahu, ternyata Kota Depok mendapatkan julukan sebagai Kota Belimbing, lho! Tentu saja, pemberian nama julukan tersebut juga ada alasannya.

Meski begitu, nama Kota Belimbing yang disematkan ke Kota Depok juga bukan sebatas karena ada banyak buah belimbing di sana. Tapi karena Depok punya salah satu jenis buah belimbing yang sangat terkenal, yaitu buah belimbing dewa.

Tak hanya itu saja, Depok bahkan menjadi kota penghasil buah belimbing dewa terbesar di Tanah Air, lho!

Sejarah Nama Kota Depok

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa nama julukan Kota Depok. Hanya saja, apakah kamu juga sudah tahu mengapa wilayah tersebut diberi nama Depok?

Menariknya, nama Depok ternyata berakar dari sejak zaman penjajahan Belanda. Sebab, namanya sendiri memang berasal dari singkatan yang diperoleh dari bahasa Belanda.

Lebih tepatnya, Depok merupakan singkatan untuk “De Eereste Protestantse Organisatie van Kristenen” yang artinya adalah jemaat kristen yang pertama. Nama tersebut merupakan sebuah organisasi Kristiani yang didirikan seorang petinggi VOC, yaitu Cornelis Chastelein.

Organisasi tersebut lantas tercatat sebagai organisasi Kristen pertama yang ada di Indonesia dan didirikan dengan tujuan mengenalkan agama lewat pendekatan yang jauh dari metode kekerasan maupun perbudakan. Sebab, Chastelein sendiri memiliki karakteristik yang berbeda dari orang-orang Belanda pada saat itu.

Wilayahnya tempat organisasi Chastelein berada sendiri merupakan tanah yang memang ia beli dari Lucas Meur, seorang Residen di Cirebon, pada tahun 1696.

Nama Depok lantas kembali muncul di dalam ekspedisi Abraham van Riebeeck, seorang Inspektur Jenderal VOC, tahun 1704 dan tahun 1709. Dalam ekspedisi itu, Van Riebeeck melakukan survei ke wilayah Ciliwung.

Dulunya Bagian dari Kabupaten Bogor

Pasca kemerdekaan Indonesia, Depok dulunya masih berstatus sebagai sebuah kecamatan dan merupakan bagian dari Kabupaten Bogor.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan dari segi sosial-ekonomi, Depok lantas mendapat status sebagai kota administratif tahun 1981.

Nyaris 20 tahun kemudian status kota administratif pun dihapus sehingga ada dua opsi: kembali ke kabupaten atau naik status jadi kotamadya. 

Seperti yang mungkin sudah bisa kamu simpulkan di sini, Depok lantas naik statusnya menjadi Kotamadya Depok sehingga menjadi Depok seperti saat ini.

Itu tadi rangkuman penjelasan mulai dari apa nama julukan Kota Depok sampai sejarah dari nama Depok itu sendiri. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top