Berita - Dalam Negeri

Bahasa Apa Yang Digunakan Di Bogor? Ini Jawabannya!

Bahasa Apa Yang Digunakan Di Bogor? Ini Jawabannya!
Share:

Bagi penduduk di luar kota Bogor, Bahasa apa yang digunakan di Bogor? mungkin masih belum diketahui. Tidak bisa dipungkiri apabila perkembangan dari kota ini memang cukup pesat serta mengakibatkan adanya perubahan dalam penggunaan bahasa di masyarakat. Hal itu disebabkan karena kalau dilihat secara geografis, keberadaan dari kota tersebut memang berdekatan dengan Jakarta. 

Bukan hanya itu saja, tidak sedikit dari penduduk Jakarta akhirnya juga mempunyai kehidupan yang ada di kota Bogor. Adanya sektor perumahan yang berkembang pesat, membuat laju pendatang baru ke Bogor juga ikut meningkat. Hal inilah yang juga mungkin menjadi pengaruh penggunaan bahasa di kawasan Bogor. 

Ini Bahasa Apa Yang Digunakan Di Bogor 

Kalau berbicara mengenai kota wisata yang terdapat di Jawa Barat, tentu Bogor menjadi salah satu opsinya. Dengan temperatur yang sejuk membuat Bogor dijadikan sebagai tempat pas untuk menghabiskan waktu liburan terutama bersama dengan keluarga. Tetapi apakah Anda sudah tahu bahasa apakah yang digunakan di kota tersebut. 

Secara umum, Bahasa yang digunakan di Bogor adalah bahasa Indonesia serta Bahasa Sunda Bogor. Untuk bahasa Sunda Bogor sendiri mempunyai perbedaan sedikit dengan sunda standar dialek priangan karena lokasinya dekat dengan Banten. Tetapi para penuturnya biasanya masih memahami tatakrama basa. 

Penasaran daerah Bogor kota apa saja yang menggunakan bahasa Sunda Bogor? Nah ternyata hampir semua wilayah kabupaten Bogor menggunakan bahasa Sunda. Ciri khas dari bahasa Sunda Bogor sendiri bisa dilihat dari intonasi, jeda hingga tempo yang dituturkan oleh masyarakat. 

Selain bahasa resmi Indonesia, kedudukan dari bahasa daerah Sunda di Bogor juga mempunyai peran cukup penting. Sebab keberadaannya dapat digunakan untuk melakukan komunikasi antar daerah atau berkaitan dengan kebudayaan. Meskipun begitu, beberapa masyarakat terkadang juga menuturkan bahasa Indonesia dan Sunda dalam waktu bersamaan. 

Penggunaan Bahasa Betawi di Beberapa Wilayah!

Bukan hanya terdapat bahasa Indonesia dan Sunda saja, tetapi juga terdapat penggunaan bahasa Betawi di kota Bogor. Tetapi untuk bahasa ini tidak digunakan di semua wilayah dan hanya beberapa saja. Yakni bagian tengah serta utara dari Kabupaten dengan julukan kota Hujan tersebut. 

Perlu diketahui bahwa pergeseran bahasa memang sangat rentan terjadi di kawasan kabupaten Bogor ini. Misalnya saja pergeseran bahasa dari Sunda ke Indonesia ataupun Betawi. Dimana secara umum dapat terjadi di daerah Bogor yang lokasinya berdekatan dengan Jakarta ataupun Depok dan Bekasi. 

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa pergeseran bahasa di Kabupaten Bogor disebabkan oleh beberapa faktor. Termasuk juga keberadaan pendatang dari daerah lain ke kawasan Bogor. Selain itu, generasi sekarang juga banyak yang enggan menggunakan bahasa daerahnya. 

Bahasa mempunyai peran sangat penting karena dapat digunakan sebagai media komunikasi. Tidak terkecuali dengan masyarakat Bogor yang menggunakan beberapa bahasa dalam berkomunikasi. Sudah tahu Bahasa apa yang digunakan di Bogor? 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top