Berita - Dalam Negeri

Kota Bogor Terkenal Karena Apa? Ini Fakta Uniknya Yang Perlu Diketahui

Kota Bogor Terkenal Karena Apa? Ini Fakta Uniknya Yang Perlu Diketahui
Share:

Kota Bogor merupakan sebuah kota yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih 60 km selamat kota Jakarta. Kota Bogor terkenal karena apa? Kota Bogor terkenal sebagai Kota Hujan. Hal ini terjadi, sebab Kota Bogor mempunyai curah hujan tinggi sepanjang tahunnya. 

Sejarah Singkat Kota Bogor 

Sebagian besar masyarakat Bogor yakin bahwa Kota Bogor memiliki lokatif dengan Kota Pakuan, Ibukota Pajajaran, Dalam Naskah Carita Waruga Guru yang menggunakan bahasa Sunda Kuna menjelaskan bahwa penamaan Pakuan Pajajaran karena di lokasi tersebut banyak pohon Pakujajar. 

Peradaban Kota Bogor dimulai abad ke IV M. Kisahnya menyebutkan bahwa Kota Bogor adalah pusat pemerintahan kerajaan terbesar penguasa Pasundan di abad 13 sampai 15 M. Kota Bogor juga diyakini sebagai lokasi Kerajaan Tarumanegara berdiri. 

Kerajaan Sunda beribukota di Pajajaran dan buktinya adalah beberapa prasasti yang ada pernah ditemukan di Bogor. Misalnya, prasasti 1533 yang mengisahkan tentang kekuasaan Prbu Surawisesa dari Kerajaan Sunda. 

Di masa kolonial Belanda, kota Bogor mendapat julukan Buitenxorg yang bermakna tanpa kecemasan alias aman tentram. Pada tahun 1687 ada ekspedisi Belanda yang dipimpin Scipio serta Riebeeck sukses menemukan catatan sejarah dari Kota Pukan yang hilang. 

Selama perjalanan panjang penjajahan di Indonesia hingga Indonesia merdeka. Penamaan Kota Bogor sudah berganti berkali-kali. Terakhir penetapan nama Bogor terjadi berdasarkan UU no. 22/1999. Lantas daerah Bogor kota apa saja? Di Kota Bogor secara administratif mempunyai 6 kecamatan dengan 68 kelurahan. 

Fakta Unik Kota Bogor 

Kota Bogor terkenal sebagai kota Hujan dengan suhu lembab karena curah hujan tinggi. Alhasil Kota Bogor adalah lokasi terbaik tumbuhnya berbagai tanaman tropis. Ini fakta unik dari Kota Bogor, yaitu: 

1. Kebun Raya Bogor yang Ikonik 

Kota Bogor terkenal karena apa? Selain terkenal sebagai Kota Hujan, Kota Bogor mempunyai Kebun Raya Bogor yang ikonik. Kebun raya ini menjadi kebun raya paling tua di Indonesia dan dunia. Lokasi dari ribuan spesies berbagai tanaman dan beberapa spesies langka sekaligus endemik Indonesia. 

2. Tempat Berdirinya Istana Bogor 

Istana Bogor adalah tempat kediaman presiden Indonesia sekarang ini. Istana Bogor mempunyai taman indah. Pada hari-hari tertentu, lokasi ini dibuka untuk umum dan masyarakat bisa melihat lebih dekat Istana Bogor. 

3. Kuliner yang Khas

Kota Bogor mempunyai berbagai kuliner yang menggoyang lidah. Beberapa kuliner tersebut ada yang telah ada sejak zaman dulu, seperti Soto Mie Bogor. Makanan khas Bogor ini terbuat dari mie kuning serta kuah kaldu ayam atau sapi yang kaya rempah-rempah. 

4. Banyak Perkebunan yang Menjadi Lokasi Wisata

Kota Bogor adalah pusat perkebunan sekaligus lokasi wisata yang indah. Perkebunan di Bogor sangat bermacam-macam, seperti kebun kopi, teh, hingga buah-buahan tropis, contohnya rambutan, dunia, hingga kelapa sawit. 

Atas pertanyaan Kota Bogor terkenal karena apa? Kesimpulannya Kota Bogor terkenal sebagai julukan Kota Hujan, karena curah hujannya yang tinggi. Selanjutnya Kota Bogor terkenal sebagai tempat berdirinya Istana Bogor, mempunyai Kebun Raya Bogor tertua, hingga kuliner khasnya. Semoga membantu. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top