Berita - Dalam Negeri

Nama Daerah Di Bogor Apa Saja? Ini Penjelasannya

Nama Daerah Di Bogor Apa Saja? Ini Penjelasannya
Share:

Kota Bogor berlokasi di tengah-tengah kawasan Kabupaten Bogor dan lokasi dekat dari Kota Jakarta. Kota Bogor secara administratif terdiri dari 6 kecamatan dengan 68 kelurahan. Lantas nama daerah di Bogor apa saja? Untuk mengetahui jawabannya, ketahui di sini! 

Nama Kecamatan di Kota Bogor 

Kota Bogor terdiri dari 6 kecamatan dengan nama-nama berikut, Bogor Selatan, Bogor Utara, Bogor Timur, Bogor Tengah, Bogor Sareal, dan Bogor Barat. Lalu nama daerah di Bogor apa saja? Untuk mengetahui pembagian kelurahan di masing-masing kecamatan Kota Bogor, sebagai berikut: 

  • Kecamatan Bogor Selatan mempunyai 16 kelurahan. 

Bojongkerta, Batutulis, Cipaku, Bondongan, Harjasar, Cikaret, Empang, Ganteng, Kertamaya, Lawanggintung, Muarasari, Mulyaharja, Pakuan, Pamoyanan, Rancamaya, dan Ranggamekar. 

  • Kecamatan Bogor Utara mempunyai 8 kelurahan. 

Bantarjati, Cibuluh, Kedunghalang, Cimahpar, Ciluar, Tanahbaru, Ciparigi, dan Tegalgundil. 

  • Kecamatan Bogor Timur mempunyai 6 kelurahan. 

Baranangsiang, Katulampa, Sindangrasa, Sindangsari, Sukasari, dan Tajur. 

  • Kecamatan Bogor Tengah mempunyai 11 kelurahan.

Babakan, Cibogor,  Babakanpasar, Ciwaringin, Kebonkelapa, Gudang, Pabaton, Panaragan, Sempur, Paledang, dan Tegallega.

  • Kecamatan Bogor Sereal mempunyai 11 kelurahan. 

Cibadak, Kayumanis, Kebonpedes, Kedungbadak, Kedungjaya, Kedungwaringin, Kencana, Mekarwangi, Sukadamai, Sukaresmi, dan Tanahsereal.  

  • Kecamatan Bogor Barat mempunyai 16 kelurahan. 

Belungbangjaya, Bubulak, Cilendek Barat, Cilendek Timur, Curug, Curugmekar, Gunungbatu, Loji, Margajaya, Menteng, Pasirjaya, Pasirkuda, Pasirmulya, Semplak, Sindangbarang, dan Situgede. 

Ciri Khas Kota Bogor 

Setelah mengetahui kecamatan dan kelurahan di Kota Bogor, maka Anda perlu mengetahui ciri khas Kota Bogor yang membedakan dengan kota lainnya di Indonesia. Ciri khas ini menjadikan kota Bogor terkenal, ini di antaranya: 

  • Mendapatkan Julukan Kota Hujan 

Kota Bogor mendapatkan julukan Kota Hujan, hal ini karena curah hujan di Kota Bogor sangat tinggi. Kondisi ini membuat Bogor menjadi kawasan yang subur untuk aneka tanaman tropis. Tidak heran ada banyak perkebunan di Bogor. 

  • Iklim di Bogor 

Untuk Daerah Bogor kota apa saja iklimnya? Kota Bogor mempunyai iklim golongan tropis dengan tipe hutan hujan tropis. Curah hujannya sangat tinggi dengan intensitas 3.500 sampai 4.000 mm. 

  • Kesenian Bogor yang Indah 

Bogor mempunyai berbagai kebudayaan yang khas, yakni kesenian Angklung, Cakung, Kesenian Padelengan, dan masih banyak yang lainnya. Kesenian ini masih lestari hingga sekarang dan banyak dipertontonkan saat acara adat. 

  • Mempunyai Kuliner Legendaris

Kota Bogor mempunyai ciri khas kulinernya yang legendaris, beberapa diantaranya adalah Talas Bogor, Toge Goreng, soto mie Bogor, dan masih banyak yang lainnya. Aneka makanan legendaris ini, masih banyak ditemukan di kota Bogor dan sekitarnya. 

  • Ada Lokasi Wisata Terkenal 

Bogor mempunyai berbagai lokasi yang indah. Lokasi liburan ini banyak dikunjungi wisatawan, utamanya dari Jabodetabek. Beberapa lokasi wisata tersebut adalah Situ Gede, Taman Topi, Kebun Raya Bogor. Prasasti Batutulis, Taman Safari, dan Istana Bogor. 

  • Mempunyai Dataran Tinggi atau Pegunungan 

Bogor mempunyai dataran tinggi dan pegunungan dan rata-rata memiliki ketinggian antara 190 m hingga maksima 350 m. Jaraknya sekitar 60 km dari Jakarta. 

Demikianlah jawaban atas pertanyaan nama daerah di Bogor apa saja? yang menarik untuk diketahui. Semoga membantu!

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top