Keuangan - Keuangan

Berapa UMR Bogor 2024? Inilah Jumlah UMR Bogor Terbaru Tahun 2024

Berapa UMR Bogor 2024? Inilah Jumlah UMR Bogor Terbaru Tahun 2024
Share:

UMR (Upah Minimum Regional) tiap daerah di Indonesia berbeda-beda dan diantara 10 daerah yang memiliki UMR tertinggi di Indonesia, Kota Bogor termasuk salah satunya. Diantara sejumlah daerah dengan UMR tertinggi di Indonesia tersebut, Bogor berada pada urutan ke-7. Penasaran berapa UMR Bogor 2024? Kali ini mari simak bersama-sama terkait UMR Kota Bogor.

Berapa UMR Bogor 2024?

Dilansir dari Kompas.com, telah resmi diumumkan bahwa UMR atau upah minimum Bogor tahun 2024 ini meningkat dibandingkan dengan satu tahun sebelumnya, baik itu UMR Kota Bogor maupun UMR Kabupaten Bogor 2024. Di tahun 2024 ini, UMR Kota Bogor yaitu sebesar Rp. 4.813.988, kemudian untuk UMR daerah Kabupaten Bogor sedikit lebih rendah yaitu Rp. 4.579.541. 

Penetapan upah minimum tersebut tentunya telah didasarkan pada sejumlah pertimbangan, yang juga meliputi inflasi, tingkat pertumbuhan ekonomi, serta meliputi indeks tertentu yang nantinya dibahas oleh Dewan Pengupahan Daerah. Dengan pertimbangan beberapa variabel tersebut pada suatu daerah, gubernur pada tiap provinsi dapat mengumumkan peningkatan atau stabilitas jumlah upah minimum yang berhak untuk diperoleh para pekerja pada saat hampir datang pergantian tahun. 

Dalam hal ini, keputusan mengenai UMK Bogor 2024 telah dituangkan dalam Keputusan Gubernur Provinsi Jabar, tepatnya nomor 561.7/Kep.804-Kesra/2023 mengenai Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Provinsi Jawa Barat 2024. Keputusan tersebut telah berlaku sejak tanggal 1 Januari tahun 2024.

Sebagai tambahan informasi, UMR adalah istilah yang merujuk kepada upah minimum suatu provinsi serta kabupaten. Saat ini sebenarnya istilah tersebut telah diubah menjadi Upah Minimum Provinsi atau disebut dengan UMP dan juga Upah Minimum Kabupaten Kota atau UMK. Meskipun demikian, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang lebih terbiasa menyebut UMR daripada UMK.

Industri di Kota Bogor

Bogor disebut sebagai kota apa? Sebutannya adalah Kota Hujan, dan dikarenakan tingginya curah hujan di Bogor, memberi banyak keuntungan bagi sektor pertanian serta keindahan alamnya. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan Bogor menjadi rumah yang cocok bagi berbagai jenis tanaman. Bogor juga menjadi destinasi wisata menarik bagi para traveller yang menyukai alam tropis segar. 

Walaupun sektor pertanian serta pariwisatanya lebih dikenal, Bogor juga unggul akan sektor industrinya, termasuk yaitu industri tekstil. Terdapat sejumlah pabrik tekstil yang beroperasi di Bogor, industri ini menghasilkan beragam jenis kain serta banyak produk tekstil lainnya. Terdapat beberapa jenis industri lainnya yang juga bergerak di Bogor.

Dari pembahasan di atas, apakah telah menjawab rasa penasaran Anda mengenai berapa UMR Bogor 2024? Hal ini tentunya penting sekali untuk diketahui terutama ketika berencana untuk melamar pekerjaan di Bogor. Demikianlah, semoga membantu.

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top