Gaya Hidup - Kesehatan

Apa Minuman Khas Dari Bogor? Berikut Adalah Beberapa Diantaranya

Apa Minuman Khas Dari Bogor? Berikut Adalah Beberapa Diantaranya
Share:

Ketika berlibur ke Kota Bogor, belum lengkap rasanya apabila belum meng-explore kuliner khasnya yang begitu beraneka ragam, termasuk juga minuman khas dari Bogor. Bogor memiliki berbagai minuman khas yang nikmat, baik itu minuman khas yang disajikan panas maupun disajikan dingin. Anda mungkin bertanya-tanya apa minuman khas dari Bogor? Inilah beberapa minuman khas Bogor serta beberapa fakta menarik tentang Kota Bogor.

Minuman Khas Bogor

  • Bir Kotjok

Apa minuman khas dari Bogor? Salah satu minuman khasnya adalah Bir Kotjok. Walaupun terlihat dari namanya adalah “Bir”, minuman ini tak mengandung alkohol di dalamnya. Bahan-bahan untuk membuat bir kotjok ini adalah bahan alami yaitu seperti cengkeh, jahe, serta gula aren. 

Minuman ini rasanya sedikit unik, terdapat sekilas rasa asam dan juga aroma segar dari rempah-rempahnya tersebut. Bir Kotjok berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

  • Bajigur

Bajigur juga memiliki rasa yang cukup unik, terbuat dari perpaduan santan, jahe, gula merah, daun pandan, serta juga ditambahkan bubuk kopi. Minuman ini umumnya diminum hangat, sehingga cocok dinikmati di tengah sejuknya udara Kota Bogor. Ketika meminum bajigur, Anda dapat mencium segarnya aroma jahe dan pandan. Cukup banyak pedagang pinggir jalan yang menyajikan minuman bernama Bajigur ini.

  • Bandrek

Selain itu, Anda juga dapat mencicipi lezatnya minuman legendaris di Bogor bernama Bandrek. Adapun bahan utama bandrek antara lain yakni jahe, gula merah atau gula aren, dan terkadang juga ditambahkan rempah-rempah lain sebagai sentuhan khas. Bandrek seringkali disajikan ketika cuacanya dingin, misalnya yaitu seperti ketika hujan turun maupun disajikan ketika malam hari.

  • Es Cincau Hijau

Siang-siang ingin minuman yang dingin dan lebih segar? Es cincau hijau siap menyegarkan tenggorokan Anda. Es ini berbahan dasar cincau hijau yang berpadu dengan kuah santan serta gula merah. Ketika berkunjung ke Bogor, nikmatilah kesegaran es cincau hijau.

Sejumlah Fakta Menarik Tentang Bogor

Salah satu fakta yang menarik mengenai Kota Bogor adalah julukannya. Bogor disebut sebagai kota apa? Kota ini banyak dijuluki sebagai “Kota Hujan”. Hal tersebut dikarenakan Bogor memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga beriklim tropis basah. 

Maka dari itu, terdapat beragam jenis tanaman tumbuh di Kota Hujan ini. Di sini terdapat Kebun Raya Bogor, berupa kebun botani yang luas dan tempatnya beraneka ragam tumbuhan.

Fakta lainnya adalah Bogor memiliki beragam kekayaan budaya serta seni. Tarian tradisional khas dari Bogor, serta berbagai jenis festival budaya dan seni yang rutin diselenggarakan. Kemudian, warisan kuliner Bogor juga sangat kaya, terdapat beragam kuliner unik seperti cungkring, doclang, dan masih banyak lagi. 

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Bogor. Selain mengetahui tentang fakta menarik Kota Bogor, apakah kini Anda juga telah mengetahui dengan baik apa minuman khas dari Bogor? Mungkin terdapat beberapa minuman di atas yang ingin Anda coba cicipi. Selamat mencoba!

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top