Kisah Kita -

Budaya Apa Saja Yang Ada Di Bogor? Simak Di Sini!

Budaya Apa Saja Yang Ada Di Bogor? Simak Di Sini!
Share:

Kota Bogor dikenal memiliki beragam pilihan wisata kuliner yang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Selain wisata kuliner, Bogor ternyata kaya akan warisan budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Lantas, budaya apa saja yang ada di Bogor?Sebagai informasi, berikut adalah beberapa warisan budaya Bogor yang perlu Anda ketahui. 

Tarian Rampak Gendang

Tarian Rampak Gendang termasuk salah satu kesenian budaya khas kota Bogor yang sering ditampilkan dengan jenis kesenian lainnya. Kata rampak sendiri memiliki arti “bersama”. Sedangkan gendang atau kendang adalah instrumen pada gamelan. Jadi, rampak gendang bermakna menabuh kendang secara bersama-sama. 

Pemain tari rampak kendang biasanya didominasi oleh penari wanita yang menggunakan pakaian adat Sunda. Ciri khas dari kesenian ini adalah para pemainnya tidak hanya menabuh kendang dalam keadaan duduk atau diam di tempat. Mereka juga aktif menari dengan menggerakkan kepala, tangan dan badan. Tidak jarang dari mereka melakukan atraksi tertentu untuk membuat pertunjukan tari semakin menarik.  

Kesenian Pantun Benton

Meski bernama Pantun Benton, kesenian tutur dari Bogor ini tidak menampilkan pertunjukan pantun. Pantun Beton adalah perpaduan kesenian sinden dan wayang yang diiringi oleh musik kecapi, suling serta instrumen Sunda lainnya. Pantun Beton umumnya ditampilkan untuk kebutuhan acara hiburan dan acara ritual atau ruatan. 

Tradisi Adu Kuluwung

Mengetahui budaya apa saja yang ada di Bogor tidak bisa lepas dari tradisi adu meriam raksasa atau Kuluwung. Menurut sejarah, tradisi adu Kuluwung sudah dilakukan sejak masa kolonial Belanda. Masyarakat Bogor pada saat itu menggunakan kuluwung sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan atau peristiwa penting. 

Warisan budaya leluhur ini sekarang tidak hanya bersifat hiburan semata melainkan menjadi simbol kekompakan dan kerja sama masyarakat Bogor. 

Tradisi Ngumbah Tugu Kujang

Jika muncul pertanyaan, Bogor disebut sebagai kota apa? Jawabannya tentu saja Kota Hujan. Alasannya karena Bogor memiliki curah hujan yang melimpah dan terletak di dataran tinggi. Kondisi geografis tersebut membuat wilayah Bogor memiliki tujuh mata air yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat di sana.

Di samping itu, tujuh sumber mata air di Bogor juga kerap digunakan untuk melestarikan tradisi Ngumbah Tugu Kujang. Kegiatan pencucian Tugu Kujang ini dilakukan setiap tahun, tepatnya pada peringatan hari jadi Kota Bogor. 

Pengobatan Tradisional Ratus Bogor

Tidak hanya jamu, masyarakat Bogor juga masih mempertahankan budaya pengobatan tradisional ratus. Hal ini menjadi bukti bahwa kearifan lokal Bogor yang masih dihormati dan dilestarikan. 

Nah, itulah ulasan mengenai beberapa warisan budaya di Kota Bogor. Baik itu warisan budaya yang berupa kesenian tari, tradisi leluhur, hingga pengobatan tradisional. Semoga artikel ini bisa menjawab rasa penasaran Anda tentang budaya apa saja yang ada di Bogor. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top