Inspirasi - Perumahan

5 + 3 Keuntungan Bangunan dengan Menerapkan Green Building

5 + 3 Keuntungan Bangunan dengan Menerapkan Green  Building
Share:

Sekilas memang  yang namanya konsep atau implementasi Green Building cukup memperhitungkan banyak tidak. Tidak saja masalah desain yang harus mengikuti konsep yang telah di tentukan, juga masalah pemilihan material building dan implementasi produk yang harus diupayakan menggunakan produk yang bisa mendukung implementasi Green Building secara benar. Meskipun agak rumit di awal, tetapi kedepan bangunan  yang sudah menggunakan  konsep Green Building maka akan mendapatkan  kemudahan dalam pengelolaannya. 

Hal itulah  yang menjadi dasar kenapa konsep Green Building ini harus di desain dan di rencanakan dengan benar agar tidak hanya “gimmick” Green Building semata, tetapi pada akhirnya justru bangunan itu sendiri menjadi kurang maksimal dalam pengelolaanya dan penghuni  yang ada di dalamnya pun menjadi kurang nyaman. 

5 Manfaat Green Building Bagi Kehidupan Sehari – Hari di Masa Kini dan Mendatang 

 

Bangunan yang baik dan benar adalah sebuah bangunan yang mampu memberikan added value bagi lingkungan yang ada di sekitarnya. Itulah kenapa, jika kita melihat sebuah seperti Monas di Jakarta, Menara Eifel di Perancis, Patung  Singa di Singapura kesemuanya bisa menjadi Icon dari daerahnya masing- masing,  Itulah yang seharusnya terjadi, bukan keberadaan bangunan justru menjadi contributor negative bagi lingkungan yang ada di sekitarnya. 

Green Building sejatinya memang di tujukan untuk meminimalkan dampak negative yang bisa berpengaruh pada lingkungan.  Sehingga dampaknya bisa mengurangi efek rumah kaca, mampu secara efektif menghemat penggunaan energi air dan energi udara serta lainnya dan khusus untuk pengerjaan konstruksi sendiri mampu mengurangi limbah pekerjaan konstruksi sehingga pengerjaanya bisa di dukung dengan konsep Green Construction. 

A. Green Building bisa meningkatkan Kualitas  Hidup dan Kehidupan

Kenapa demikian, karena konsep ini mampu memberikan rasa kenyamanan serta Kesehatan yang di ciptakan dari proses desain yang di hasilkan. Sehingga pada akhirnya bangunan yang ada memiliki ventilasi yang baik, pencahayaan alami yang bagus, suhu dan kebisingan suara  yang cukup terjaga, dan  yang pasti kualitas udara  yang ada di dalam ruangan menjadi lebih sehat dan segar. Dampaknya adalah mampu meningkatkan produktivitas orang yang ada didalamnya. 

B. Green Building bisa menghemat Sumber Daya Air 

Kenapa bisa demikian, karena bangunan  yang ada bisa mengoptimalkan kondisi air yang ada di bangunan dan sekitarnya seperti misalnya memanfaatkan air hujan, air sumur resapan hingga air daur ulang  yang akan di gunakan untuk beragam kebutuhan seperti pendinginan, sanitasi dalam bangunan hingga irigasi jika kondisinya di luar bangunan perkantoran. Dengan adanya daur ulang air buangan maka akan mengurangi dampak negative dari bangunan yang mengeluarkan air buangan hasil penggunaan.

 

C. Green Building bisa menghemat Biaya Operasional dan Memudahkan Pemeliharaan

Kenapa, karena konsep ini mampu mengemat penggunaan energi listrik dengan menggantinya energi “alam “ yang tersedia cukup banyak dari mulai energi sinar matahari, air, dan angin  yang pada akhirnya bisa menghemat biaya pengelolaan dan perawatan bangunan yang bersangkutan. Dan penggunaan material  yang ramah lingkungan seperti lampu LED atau AC inverter pun pada akhirnya menjadi lebih efektif

D. Green Building bisa Mengurangi Emisi Rumah Kasa ( Jejak Karbon yang di buang ) 

Karena konsep ini mampu mereduksi semua hal yang tadinya kurang efektif dengan penggunaan energi fosil, atau batubara tetapi menggantinya dengan energi baru terbarukan sehingga dampak  yang di berikan menjadi cukup positif bagi bangunan  yang bersangkutan. 

E. Green Building membuat Umur Bangunan jadi lebih lama 

Karena penggunaan desain yang bersifat adaftif dan memberikan kemudahan untuk bisa  mengikuti perkembangan lingkungan yang ada menjadi satu hal yang bisa membuat umur bangunan jadi lebih lama. Termasuk juga misalnya menggunakan material bangunan yang mudah di bongkar, atau sistem bangun  yang memungkinkan terjadinya proses bangun bongkar menjadi lebih mudah itu semua berdampak positif bagi bangunan  itu sendiri nantinya. 

Berkaca dari kondisi itulah, maka sejatinya yang namanya konsep Green Building  jika di terapkan benar dari mulai desain dan proses pembangunan maka yang akan terjadi adalah pengelolaan dan penggunaan bangunan tersebut akan bisa memberikan dampak positif yang cukup banyak. Tidak saja bagi pemilik bangunan  tetapi juga bagi pihak yang akan mengelola bangunanya. 

 

3 Hal Penting  kenapa Green Building Mesti di Implementasikan dengan benar

Karena minimal dengan dampak positif yang di berikan oleh bangunan setelah di implementasikan secara benar maka akan bisa mendapatkan manfaat atau keuntungan secara langsung dari bangunan tersebut . 

A. Green Building sebagai Sarana Menghemat Sumber Daya Alam

Karena tidak saja sumber daya alam seperti Air yang akan di hemat tetapi juga bisa mengoptimalkan penggunaan Sinar Matahari, Udara yang ada di sekitar hingga energi lain yang akan bisa di ubah untuk mengoptimalkan pengelolaan bangunanya.

B. Green Building sebagai  Sarana Menghemat Pemborosan dan Mengurangi Dampak Negatif

Karena bangunan akan bisa memberikan pengaruh positif dengan mengurangi dampak polusi udara, polusi air,  tanah dan mengurangi dampak pemanasan global sehingga keberadaan Green Building bisa membantu menyehatkan lingkungan yang “sakit karena pengaruh negative bangunan “.

C. Green Building sebagai Sarana Meningkatkan value dan  Estetika Bangunan

Karena nantinya dengan konsep green yang benar, maka konsep desain arsitek yang di hasilkan justru akan lebih inovatif, lebih estetik, dan yang pasti akan berbeda dibandingkan dengan desain arsitek yang lainnya. Belum lagi desain interior yang akan bisa memperkuat posisi desain arsitekturnya. Ini akan bisa memberikan pengaruh positif bagi bangunan yang bersangkutan. 

Jadi sebenarnya konsep Green Building jika di terapkan secara benar akan bisa memberikan banyak dampak positif untuk periode saat ini dan kedepan. Sehingga suistanable construction atau pembangunan  yang berkelanjutan akan bisa di terapkan dengan  mudah karena konsep yang ada saat ini sudah mengarah pada pengembangan konsep yang memang bertujuan agar tercipta ekosistem yang benar untuk semuanya. 

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top