Inspirasi - Perumahan

12 Model Gaya Desain Arsitektur dalam Periode Tahun 2024

12 Model Gaya Desain Arsitektur  dalam Periode Tahun 2024
Share:

Biasanya yang namanya tren sebuah desain itu berjalan tidak saja di pengaruhi oleh kondisi bisnisnya  itu sendiri. Tetapi keberadaan  tren desain interior itu juga di pengaruhi oleh beberapa kondisi  yang bisa mempengaruhi kondisi desain itu pada satu periode tertentu. Seperti misalnya kondisi ekonomi nasional dan global, kondisi perkembangan dan inovasi produk material building serta kondisi dan kebiasaan masyarakat  yang ada di lokasi tersebut. 

Jika memang kondisinya telah kalian ketahui, maka bisa di simpulkan bahwa mereka yang selalu melakukan updating terhadap tren sebuah desain pastinya tahu beragam jenis gaya desain arsitektur  yang umum ada di  lapangan. Kenapa ini menjadi  penting agar lkondisi yang benar-benar terwujud dari sebuah perencanaan pembangunan bangunan akan berjalan dengan lancar dan sukses itulah harapan dari pemilik bangunan. 

 

12 Gaya Desain Interior yang Bisa Menjadi Acuan Penentukan Tren Desain Arsitek 2024

Dari sekian banyak gaya desain arsitektur yang bisa di sampaikan sesuai dengan tren yang terjadi, ada 12  model gaya desain arsitektur yang beredar di tahun 2024. Setidaknya dengan adanya tren yang terjadi, maka alangkah baiknya jika kondisi bangunan yang akan di buat selanjutnya mengacu pada tren desain arsitektur yang sedang terjadi tersebut. 

1 : Tren Gaya Desain Arsitektur Modern Berkelanjutan

Gaya desain  yang satu ini memang menjadi salah satu kunci bagi perkembangan dan mengembangan desain arsitektur yang ada di Indonesia. Dengan konsep desain modern berkelanjutan kita  ingin agar implementasi desain yang di pakai pada sebuah bangunan harus menggabungkan beberapa hal seperti adanya penekanan dalam bidang energi, termasuk masalah desain surya pasif, pemanenan air hujan hingga adanya atap rumah yang berwarna hijau atau lebih akomodatif. 

2 : Tren Gaya Desain Arsitektur Model Biofilik. 

Gaya desain arsitektur yang satu ini memang masih asing di telinga kita. Tetapi konsep yang ditawarkan untuk membuat satu konsep bangunan memang pada akhirnya akan memberikan satu kondisi dimana rumah rumah yang memiliki jendela atau dinding hijau. Sehingga energi positif yang ada di luar bangunan bisa di tarik masuk dalam ruangan.

3 : Tren Gaya Desain Arsitektur Model Ruang Fleksibel dan Kemudahakan dalam Adaptasi

Untuk konsep desain arsitektur yang satu ini tujuannya adalah agar properti yang di bangun mampu dipindahkan atau di kembangkan sesuai dengan kondisi yang ada. Itulah sebabnya, perlu adanya desain yang bersifat fleksible agar muda di integrasikan dengan desain yang lain atau bangunan yang ada di sekitarnya. 

4 : Tren Gaya Desain Arsitektur Model  Terintegrasi Teknologi

Bicara soal integrasi teknologi, maka saat ini dan kedepan arsiktek harus berkembang menjadi konsultan yang mampu menggabungkan teknologi dengan desain yang bersifat teknologi. Sehingga yang terjadi bukan hanya seperti hunian berkonsep smarthome tetapi juga bangunan yang bisa di integrasikan dengan smartphone. 

5 : Tren Gaya Desain Arsitektur dari Model Bahan dan Finishing Produk 

Konsep pengembangan produk yang berasal dari material daur ulang, atau penggunaan material asli dari alam seperti bamboo, kayu dan lainnya adalah salah satu cara untuk menghadirkan desain arsitek yang memiliki inovasi dan mampu tahan lama secara fungsi

6 : Tren Gaya Desain Arsitek dari Model Bahan Bangunan Cerdas

Perkembangan teknologi memang sangat membantu dalam perkembangan bisnis properti. Dimana dalam kaitan ini sudah terjadi perkembangan dalam industri material building seperti kaca yang hemat energi, hingga listrik yang di hasilkan dari produk lampu hemat energi dan LED. Kesemua itu akan bisa menjadi satu kesatuan tren arsitek berbasis teknologi dan hunian yang memiliki sifat hemat energi. 

7 : Tren Gaya Desain Arsitek dengan Konsep Konstruksi Prefabrikasi dan Modular

Pendekatan produk material  yang mengutamakan kecepatan dan ketepatan dalam pelaksanaan di lapangan, pada akhirnya membuat desain arsitek harus berintegrasi terhadap bangunan yang di bangun dengan sistem modular dan rekayasa presisi sehingga dapat menghemat waktu pengerjaan tetapi tetap masalah fungsional dan keamanan tetap terjaga dengan baik. 

8 : Tren Gaya Desain Arsitektur yang Endingnya Alami dan Bertekstur. 

Menggunakan material yang mampu di modifikasi menjadi sentuhan yang mengandung unsur interior dan arsitektur. Inilah model tren gaya arsitektur  yang pada sentuhan akhir dari desain arsitekturnya akan menghasilkan satu kondisi bangunan/rumah yang memberikan rasa hangat yang dihasilkan dari bahan bahan alami dan inovasi produk yang bersifat baru . 

9 : Tren Gaya Desain Arsitektur yang bermodel Ekosistem  Rumah Pintar

Saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat maka di butuhkan konsep desain arsitek yang mampu bersinergi dengan teknologi seperti AI. Meskipun saat ini penggunaan teknologi pun sudah terjadi dengan semakin maraknya konsep smart building atau smarthome. 

10 : Tren Gaya  Desain Arsitektur Model Integrasi  Energi Terbarukan

Mengadopsi atau memaksimalkan potensi sumber daya energi baru  terbarukan   yang memang cukup banyak tersedia seperti solar panel, panel surya, turbin angin hingga pengubahan energi surya menjadi listrik. KOnsep penggunaan energi ini harus di integrasikan dengan desain arsitektur yang bisa mengakomodir semua yang telah di jelaskan tadi. Sehingga bangunan yang ada bisa memberikan inovasi baru dalam dunia arsitektur di Indonesia. 

11 : Tren Gaya Desain Arsitektur Model Teknologi Kesehatan  Rumah 

Saat ini rumah atau bangunan sudah bisa di kombinasikan dengan sesuatu yang bersifat aplikasi teknologi. Seperti penggunaan smartphone  untuk pengelolaan energi, hingga sistem yang di pasang dirumah untuk melakukan pemurnian udara, pencahayaan yang smart hingga pengaturan kondisi energi yang ada untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Konsep ini harus bisa di sinergikan dengan  inovasi desain arsitek yang mampu menyeimbangan antara desain dan teknologi. 

12 : Tren Gaya  Desain Arsitektur Model Augmented Reality ( AR) & Virtual Reality ( VR)

Berbagai gaya atau penggunaan teknologi masa depan memungkinkan sebuah rumah bisa di lengkapi dengan teknologi AR dan VR, sehingga perlu adanya satu desain arsitek yang bisa menghubungkan bagaimana sebuah teknologi mampu memberikan kemudahan dan kecanggihan yang pada akhirnya akan membuat penghuni mendapatkan value lain dari adanya integrasi desain dan teknologi masa depan. 

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top