Inspirasi - Perumahan

Lampu Bukan Sekedar Penerangan Properti, Berikut Tren Pencahayaan

Lampu Bukan Sekedar Penerangan Properti, Berikut Tren Pencahayaan
Share:

Dalam dunia properti, ketika kita bicara soal pencahayaan maka kita bicara soal apa yang di sebut dengan “Lighting”. Sebuah konsep pencahayaan yang memang sengaja di desain untuk  berbagai kebutuhan dan manfaat.  Konsep ini memang belum semasif desain arsitek atau interior, tetapi saat ini dengan semakin pedulinya orang akan  penggunaan produk yang berbasis hemat energi, maka yang namanya pencahayaan mulai menjadi perhatian. Karena di dalam sebuah rumah, pencahayaan menjadi salah satu komponen penting yang perlu menjadi perhatian karena bisa menghemat cost perawatan  bangunan.

Nah terkait dengan konsep pencahayaan atau desain lighting, sebenarnya ada begitu banyak konsep yang bisa di terapkan pada suatu unit  properti.  Di mana pemanfaatan  itu bisa di sesuaikan dengan  kebutuhan dan fungsi dari pencahayaan itu sendiri, sehingga inovasi pencahayaan semakin berkembang. 

1 : Model Pencahayaan  Sistem Pencahayaan Cerdas

Konsep pencahayaan cerdas ini sebenarnya berguna untuk melakukan penghematan pada energi  yang di gunakan di dalam rumah. Ketika kalian bisa mengoperasikan pencahayaan dengan menggunakan smartphone maka tidak ada lagi alasan untuk boros dalam penggunaan lampu. Nah konsep pencahayaan seperti ini sekarang banyak di terapkan pada rumah rumah model smarthome. 

2 : Model Pencahaan Sistem Pencahayaan  LED Hemat Energi

Konsep pencahayaan lampu LED memang berkembang cukup pesat ketika desain lighting sudah menjadi  satu konsep penting dari sebuah bangunan. Di maa selain LED memiliki kemampuan untuk melakukan hemat energi, juga mudah untuk di konsep menjadi lampu yang mengandung seni dalam sebuah bangunan. Konsep ini banyak di pakai pada rumah yang ingin mengkreasikan lighting pada sebuah bangunan. 

3 : Model Pencahayaan Sistem  Lampu Tenaga Surya

Konsep penerangan yang mengoptimalkan penggunaan energi surya  yang di ubah menjadi energi listrik memang saat  ini cukup berkembang. Terutama untuk Indonesia yang memiliki sinar matahari sangatpanjang, memungkinkan penggunaan tenaga surya menjadi salah satu pilihan terbaik dalam penggunaan energi untuk pencahayaan sebuah bangunan. Saat ini konsep ini banyak di pakai pada bangunan dengan konsep green building. 

4 : Model Pencahayaan Sistem Pencahayaan  Arsitektur 

Konsep pencahayaan ini memang agak beda dengan  apa yang sudah di jelaskan diatas, karena  yang namanya pencahayaan arsitektur berfokus pada media atau objek yang ingin di berikan cahaya. Sehingga fokusnya tidak sebagai penerang semata tetapi juga mempercantik objek yang menjadi fokus cahayanya. Ini adalah salah satu kombinasi desain arsitektur dengan desain lighting  yang bagus untuk di terapkan pada sebuah bangunan. 

5 : Model Pencahayaan Sistem Pencahayaan Lansekap dengan Teknologi 

Konsepnya  tidak jauh beda dengan lighting arsitektur tetapi kalau lighting lansekap lebih kepada konsep lighting yang di gunakan untuk mempercantik taman dan lingkungan yang ada di sekitar rumah. Sehingga taman bisa menjadi sesuatu yang menarik dan indah. Biasanya banyak di pakai pada penerangan taman taman kota atau penerangan rumah rumah yang memiliki halaman luas.

6 : Model Pencahayaan Sistem Pemilihan Suhu Cahaya Tertentu 

Konsep pemilihan cahaya maksudnya adalah sebuah konsep lighting  yang di sesuaikan dengan konsep sebuah ruangan. Misalnya  untuk ruang tidur butuh pemilihan cahaya yang tenang, teduh untuk membuat suasana kamar menjadi lebih nyaman. Berbeda dengan pencahayaan ruang keluarga, mungkin selain terang juga di butuhkan konsep cahaya yang lebih nyaman sehingga kebersamaan keluarga jadi lebih akrab. 

7 : Model Pencahayaan Sistem  Pencahayaan Terpadu dengan Fokus Furniture 

Konsep ini memang mengedepankan fungsi lighting yang berfungsi selain untuk memberikan penerangan pada ruangan, juga berfungsi untuk menjadikan objek  yang di sorot yaitu furniture semakin terlihat indahnya. Biasanya untuk jenis pencahayaan ini di pakai untuk rumah rumah yang memiliki desain interior bergaya klasik, kontemporer agar memperlihatkan keindahan bangunanya juga. 

8 :     Model Pencahayaan Sistem Pada Pencahayaan Jalur dan  Tangga di  Rumah

Konsep pencahayaan sebagai aksen penunjuk jalan itulah salah satu fungsi dari sebuah pencahayaan. Ini bisa juga di gunakan di rumah atau bangunan lainnya, sehingga lampu atau penerangan  yang ada bisa memberikan satu petunjuk arah  jalan.  Selain di gunakan pada rumah, konsep ini bisa juga di pakai pada bangunan seperti bioskop misalnya atau rumah sakit. 

9 : Model Pencahayaan Sistem Penggabungan Pencahayaan Alami dan Buatan

Konsep  ini biasanya untuk mendukung satu kondisi dari sebuah ruangan agar bisa menjadi lebih dramatic. Adanya perapian atau ruang perapian yang ada di negara luar itu bisa di padukan dengan pencahayaan  buatan yang akan bisa membuat suasana ruangan menjadi lebih romantic

10 : Model Pencahayaan Sistem Pencahayaan yang Di sesuaikan Kebutuhan Penghuninya

KOnsep pencahayaan satu ini lebih kepada fungsi sebuah cahaya atau lampu. Sehingga penggunaan lampu atau pemanfaatan lampu dan penerangan yang ada coba di sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pencahayaan  yang ada di dalam rumah. 

 

Berdasarkan  beberapa penjelasan dan konsep lighting pada sebuah properti, pada akhirnya kita bisa mengatakan bahwa saat ini pencahayaan atau lighting memiliki peran ganda, tidak saja sebagai pencahayaan yang sesuai dengan fungsi utamanya.  Tetapi lighting atau pencahayaan juga berfungsi untuk mempercantik sebuah objek hingga menjadi media  untuk melakukan transpormasi energi dari energi biasa ke energi yang memaksimalkan penggunaan energi baru terbarukan. 

Sebuah konsep yang memang sudah seharusnya di lakukan untuk semua orang yang peduli dengan  pemanfaatan energi secara efektif, efisien dan terencana. Sehingga pada akhirnya pencahayaan bukan hanya di gunakan untuk satu kepentingan semata tetapi bisa lebih, memungkinkan terjadinya sinergi desain dari hanya sekadar desain arsitektur atau interior semata tetapi kedepan sudah menjadi konsep desain arsitektur lighting atau interior lighting concept.

 

 

 

 

 

 

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top