Inspirasi - Perumahan

Smarthome, Bukan Sekedar Konsep Rumah Pintar

Smarthome, Bukan Sekedar Konsep Rumah Pintar
Share:

Dasar inilah yang pada akhirnya menjadi satu pertimbangan yang pada akhirnya banyak pelaku bisnis mulai mencari cara untuk melakukan perubahan dalam perawatan sebuah objek properti. Ketika pada akhirnya muncul yang namanya smarthome dan smartbuilding ini mungkin salah satu cara yang bisa di pakai untuk memberikan solusi terbaik dalam perawatan atau pengelolaan sebuah bangunan. 

Konsep ini sendiri memang bukan berdiri sendiri, atau ibarat kata tidak hanya dilakukan oleh konsultan MEP ( Mechanical, Electrical & Plumping) karena dalam konsep smarthome dan building banyak mengintegrasikan fungsi teknologi. Tetapi adanya sinergi yang di lakukan oleh beberapa konsultan desain dari mulai Desain Arsitek pada saat awal perancangan, Desain Interior pada saat penataan ruangan, hingga Desain Lighting pada kenyataanya menjadi satu kesatuan yang tidak akan bisa lepas satu dengan lainnya. 

Itulah sebabnya, jika kita bicara soal smarthome and smart building maka yang terjadi adalah sinergi dari beragam disiplin ilmu yang tujuannya satu menjadikan bangunan tetap aman, nyaman, indah, menarik tetapi tetap hemat dalam penggunaan energi karena adanya control yang di lakukan dengan menggunakan smartphone. 

 

6 Hal Penting Dengan Adanya SmartHome & SmartBuilding 

Beragam manfaat memang bisa di wujudkan dari adanya konsep smart pada sebuah bangunan. Tetapi jika di lihat dari beberapa kondisi yang ada, maka konsep smart ini akan bisa memberikan minimal 6 manfaat secara langsung seperti  : 

1 : Penggunaan konsep smarthome & smartbuilding untuk melakukan penghematan energi

Fungsi utama dari konsep smart adalah untuk menghemat penggunaan energi terutama listrik. Sehingga jelas harapan dengan adanya konsep tersebut agar penggunaan energi yang ada di dalam rumah atau properti menjadi lebih hemat dan efisien. 

2 : Penggunaan konsep smarthome & smartbuilding untuk meningkatkan sistem keamanan

Dengan adanya konsep ini karena di integrasikan dengan smartphone artinya keamanan berada di genggaman kita. Sehingga seperti apapun kondisinya keamanan properti itu menjadi tanggungjawab kita sebagai pemegang smartphone tersebut. 

3 : Penggunaan konsep smarthome & smartbuilding memaksimalkan pengelolaan rumah

Karena dengan pengelolaan melalui smartphone maka pengelolaan dan efisiensi dalam pengelolaan rumah bisa terjaga dengan baik. Hal itu di dasarkan pada satu kondisi bahwa rumah tersebut bisa dikontrol dari manapun kita berada. 

4 : Penggunaan konsep smarthome & smartbuilding dengan menggunaan sistem  AI 

Hal itu untuk mempermudah konsep pengelolaan, pengawasan dan efisiensi yang akan di jalankan di dalam rumah tersebut karena AI akan bisa menjadi asisten pribadi yang sangat berguna dalam kita mengelola rumah. 

5 : Penggunaan konsep smarhome & smartbuilding akan bisa meningkatkan kualitas hidup 

Dengan adanya konsep smart yang bisa di kelola dari  smartphone maka tidak saja masalah pengawasan dan keamanan, tetapi pengelolaan AC, Kipas Angin, dan lainnya serta kenyamanan pada saat kita di rumah bisa dengan mudah kita setting agar kualitas hidup kita semakin baik dengan adanya konsep tersebut. 

6 : Penggunaan konsep smarthome & smartbuilding akan bisa menjadi cara untuk bangunan ramah lingkungan

Artinya  bangunan itu di bangun tidak saja indah dan menarik tetapi juga harus mudah di rawat dan di kelola sehingga rumah akan menjadi media yang membuat penghuninya aman dan nyaman. Hal itu akan tercipta ketika kondisi rumah dan lingkungan yang ada di sekitarrnya bisa menyatu dalam satu konsep smart yang diharapkan. 

 Itulah beberapa hal yang menjadi dasar hingga pada akhirnya sampai sekarang konsep smarthome and smartbuilding semakin lama semakin di minati konsumen. Karena konsumen tidak akan hanya dapat unit bangunannya tetapi juga bisa mendapatkan konsep smart yang di terapkan dari rumah tersebut. Sehingga konsumen akan mendapatkan beberapa keuntungan dengan hanya memiliki unit rumah atau hunian lainnya. 

Selain itu ada 3 hal yang juga menguntungkan bagi pengembang atau investor yang ingin mengembangkan hunian dengan konsep smarthome atau smartbuilding, Ke-3 keuntungan ini sekaligus akan mempermudah kondisi  yang sudah di jelaskan diatas. Sehingga pada akhirnya keberadaan smarthome & smartbuilding memang pilihan terbaik untuk konsep rumah atau hunian saat ini dan kedepan.

 

1 : Smarthome & Smartbuilding Meningkatkan Nilai Properti

KOnsep ini akan memberikan kenaikan value dari properti  yang bersangkutan, kenapa karena ada banyak keuntungan yang bersifat langsung dengan konsep ini. Terlebih karena kita tahu saat ini pengelolaan properti atau menjaga properti itu bukan hal yang mudah dan murah. Nah dengan adanya smarthome and smartbuilding maka kedua hal ini sekaligus bisa kalian dapatkan. 

2 : Smarthome & Smartbuilding bisa Menarik Minat Generasi Millenial 

Konsep properti yang bergaya teknologi saat ini memang menjadi incaran para generasi millennial  yang mencari properti. Karena mereka tidak ingin ribet dalam urusan dengan pengelolaan properti. Dengan adanya konsep ini maka pengelolaan bisa di lakukan dari manapun dan kapanpun kalian berada. Ini yang membuat konsep ini menjadi semakin menarik bagi para generasi millennial 

3 : Smarthome & Smartbuilding akan bisa Menghemat Biaya Operasional 

Jelas karena dengan adanya control  yang langsung ada di gengaman kalian maka pengelolaan dan pengawasan menjadi satu hal yang mudah.  Sehingga dengan  adanya konsep ini maka semua hal yang menjadi masalah dalam pengelolaan dan pengawasan sebuah properti menjadi ada jalan keluar  yang langsung bisa di buktikan oleh konsumen.

Inilah salah satu keuntungan ketika sektor properti bisa bersinergi dengan teknologi terkini. Sehingga keberadaan teknologi akan bisa menaikan  nilai jual atau value dari properti yang bersangkutan. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top