Tips & Trik - Rumah

6 Cara Menata Rumah Kecil Minimalis Supaya Terlihat Rapi Sekaligus Bersih

6 Cara Menata Rumah Kecil Minimalis Supaya Terlihat Rapi Sekaligus Bersih
Share:

Mengatur tata ruang rumah kecil minimalis barangkali terkesan mudah. Namun, salah menaruh perabot atau memadukan warna akan membuatnya semakin sempit dan berantakan. Maka dari itu, Anda perlu mempelajari baik-baik karakteristik rumah sebelum merapikannya.

Ketika hunian minimalis ditata dengan tepat dan cermat, para penghuni maupun tamu bakal merasakan sensasi hangat dan mengundang. Penasaran seperti apa kiat seni mengatur rumah minimalis? Cek informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Bersihkan dan rapikan dinding

Membersihkan dan merapikan dalam hal ini adalah hanya memasang dekorasi seperlunya. Pakai ornamen atau benda yang bukan hanya meningkatkan nilai estetika, tetapi juga punya fungsi penting. Misalnya jam dinding sebagai penunjuk waktu dan rak dinding untuk menaruh buku. Jadikan dekorasi tersebut sebagai pusat perhatian yang tak akan memenuhi dinding ruangan.

2. Sortir barang-barang yang diperlukan

Salah satu faktor yang membuat rumah kecil terlihat penuh adalah menumpuknya barang-barang yang tak diperlukan. Meski berat, ada baiknya Anda menyingkirkan barang yang sudah jarang dipakai bahkan terabaikan. Dengan mengurangi tumpukan barang, rumah akan terasa lebih luas dan para penghuni dapat beraktivitas lebih leluasa.

3. Fokus warna dan permainan tekstur

Untuk mempertahankan kesan hunian minimalis, Anda disarankan untuk fokus pada satu warna sebagai pusat utama. Misalnya putih, abu-abu, atau pastel. Kemudian supaya interior pada rumah kecil minimalis tak tampak membosankan, mainkan tekstur lewat perabot atau dekorasi. Tujuannya adalah menambahkan lapisan dan dimensi tanpa harus membebani ruangan.

4. Manfaatkan pencahayaan alami

Salah satu trik yang umum diterapkan untuk memberikan kesan luas pada rumah-rumah minimalis adalah memanfaatkan pencahayaan alami. Anda dapat memasang jendela atau pintu kaca di bagian rumah yang menghadap sinar matahari. Pasang tirai tipis kalau tak ingin cahaya matahari langsung masuk ke dalam ruangan sekaligus sebagai penghalang agar orang lain tak bisa mengintip.

5. Pakai karpet untuk membatasi ruangan

Karpet bukan hanya berfungsi sebagai pelindung lantai atau pemanis ruangan. Ternyata, Anda bisa memakainya sebagai pembatas ruangan. Terutama kalau memasang sekat atau membangun dinding akan memberikan kesan sempit serta pengap. Dengan memasang karpet, penghuni juga dapat mengenali masing-masing fungsi ruangan dalam denah terbuka.

6. Fokuskan titik ruangfan dengan meja kopi

Tips berikutnya yang dapat digunakan pada hunian minimalis adalah memusatkan fokus titik sebuah ruangan dengan meja kopi (coffee table). Furnitur yang satu ini bisa Anda pakai untuk menempatkan koleksi buku, rangkaian bunga, atau objek lain untuk mempercantik interior. Pastikan juga ukuran meja tak terlalu besar untuk memberikan area bergerak bagi para penghuni.

Semoga tips ini bermanfaat untuk menata rumah kecil minimalis supaya tampak bersih dan rapi!

 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top